Gubernur Protes, Renovasi Bandara Bali Molor

Bandara Ngurah Rai Bali
Sumber :

VIVAnews - Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika, mengapresiasi desain Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, yang sudah memperhatikan adat dan budaya setempat. Karena sebelumnya, desain Bandara Ngurah Rai sama sekali tidak memasukkan unsur Bali.

Menurut mantan Kapolda Bali itu, sebelumnya, unsur bisnis terlalu mendominasi di areal bandara. “Nanti wisatawan malah malas pergi ke pasar seni. Akibatnya ekonomi Bali tak bergerak,” kata Pastika di Denpasar, Bali, Selasa, 17 Januari 2012.

Karena berbagai pertimbangan untuk memasukkan budaya Bali dalam desain bandara, sambung Pastika, renovasi sempat tertunda dan terjadi penambahan biaya sebesar Rp25 miliar. Dalam pengerjaan selanjutnya, kata Pastika, akan menyesuaikan dengan alam, teknik, dan teknologi penerbangan.

Beberapa perubahan desain yang mencolok adalah soal meru atau candi yang sebenarnya hanya dipakai untuk bangunan suci khususnya pura. “Ini hanya biasa dipakai untuk bangunan suci, bukan untuk bandara dan sebagainya. Namun saat ini desain itu sudah diganti. Kita sangat apresiasi kerja keras PT Angkasa Pura dalam melakukan renovasi dengan memperhatikan adat dan budaya setempat,” ujarnya.

Selain meru, perubahan juga tampak pada diperluasnya areal publik daripada areal komersial. Sebelumnya, areal komersial memang terlalu mendominasi.

Pastika juga menjelaskan alasan atap bandara yang dibuat menyerupai gelombang laut. Menurutnya, atap gelombang laut tersebut tersirat makna jika Bali kaya dengan wisata laut. “Itulah sebabnya atap bandara dibuat seperti gelombang laut, karena memang Bali ada banyak wisata lautnya,” ujarnya.

Bandara Internasional Ngurah Rai sendiri didesain untuk mampu melayani 11 juta penumpang internasional dan domestik. Namun, hingga saat ini baru mampu melayani 9 juta penumpang. Selain itu, pelayanan dan keamanan bandara baik untuk boarding, pelayanan visa, hingga ruang tunggu masih jauh dari nyaman.

Sekalipun dalam renovasi desain tersebut tidak 100 persen berarsitektur Bali, namun setidaknya minimal bisa memberi kesan kepada pendatang bahwa mereka saat ini berada di Bali.

Saat ini tercatat luas bandara sekitar 300 hektar, antara lain terdiri dari 73.766 meter persegi terminal penumpang dan areal parkir 1.200 meter persegi. Namun, areal komersial belum tercatat secara pasti karena tersebar di beberapa area. (hp). 


Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024