Peralihan Musim, Waspadai Demam Berdarah

Nyamuk DBD
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews – Belakangan, Bali dan sejumlah wilayah Indonesia, didera perubahan cuaca tak menentu, panas dan hujan datang tak bisa diprediksi. Cuaca yang sebelumnya cerah, bisa berubah seketika menjadi berawan dan akhirnya turun hujan.

“Penyakit yang patut diwaspadai pada pergantian musim seperti ini adalah demam berdarah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Nyoman Sutedja di Denpasar, Rabu 18 Januari 2012.

Untuk mengantisipasinya, Sutedja mengaku sudah menggalakkan sosialisasi pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, dengan menggandeng stasiun televisi swasta lokal dan radio, Dinas Kesehatan juga aktif melakukan sosialisasi pentingnya memberantas jentik.

“Kami sudah menayangkan imbauan di media tentang pentingnya memberantas jentik. Apalagi, di Bali banyak lahan tidur yang tak terpakai, sehingga sangat berpotensi menjadi sarang pertumbuhan jentik,” ungkap Sutedja.

Ia meminta agar masyarakat terlibat aktif memberantas jentik nyamuk. Sutedja juga mengadopsi kearifan lokal yang berkembang di masyarakat untuk menjadi juru pemberantasan jentik. “Untuk mengajak dan menggalakkan masyarakat terlibat aktif memberantas jentik bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD),” jelas Sutedja.

Upaya ini, sambung dia, merupakan bagian dari upaya Dinas Kesehatan Bali untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan serta menyosialisasikan arti penting penanggulangan penyakit demam berdarah.

“Dana ini diambil dari APBD sebesar 13, 8 persen dari total APBD Bali 2012 senilai Rp5 miliar. Dari dana itu, setiap puskesmas di Bali mendapat suntikan dana sebesar Rp7,5 juta,” kata Sutedja.

Sementara itu, Sutedja mengaku, secara bertahap Dinas Kesehatan Bali mengurangi upaya fogging. “Fogging sudah kami hilangkan. Yang terpenting adalah pemberantasan jentik,” imbuh Sutedja. (art)

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024