Jokowi: Pesan Esemka, Jangan Telepon Saya

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews -- Meski pemberitaan tak seheboh sebelumnya, semangat Walikota Solo, Joko Widodo tidak surut untuk mendukung mobil karya para siswi SMK, Kiat Esemka. Jokowi juga sudah berusaha mencari investor dan pasar bagi mobil ini.

Sidang PHPU, KPU Tepis Sirekap Jadi Bagian Kecurangan Pemilu

Dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), kata Jokowi, siap menyediakan dealer di setiap propinsi dan siap investasi untuk pengembangan mobil ini. "Itu bagus, investasi dealer dan agen
banyak di-handle, ini kan wilayahnya anak muda," kata dia, Kamis 19 Januari 2012.

Mobil Kiat Esemka, katanya, tinggal menunggu uji kelayakan sebelum masuk ke ranah produksi. "Nanti akan produksi banyak, kapasitasnya dua ratus, tiga ratus. Jangan bayangin gigantic manufacture, nggak . Ini rakyat, artinya produksi massal, tapi nggak sampai ribuan," kata dia.

Meski hingga kini pesanan Esemka lebih dari 4 ribu unit. Jokowi mengaku, itu di luar kapasitas. "Nggak mungkin pasar segede itu terus. Kapasitas 200-400."

Dalam produksi itu, mayoritas komponen dari dalam negeri. "Semua dipegang kita, prisipal kita, brand kita, mesin dibuat sendiri, bodi dibuat sendiri. Yang masih impor transmisi, sasis, dan pump fuel," tambah dia.

Uji coba akan dilakukan minggu depan. "Ya pokoknya dibawa ke Jakarta. Nanti tak puterin. Semua persiapan sudah," kata dia. "Nanti yang penting uji emisi, habis itu siap, nanti akan dibawa ke Sentul."

Seperti diketahui banyak tanggapan atas kehadiran mobil Esemka ini. Baik dari publik, pebisnis maupun pejabat. Ada yang mencibir, ada pula yang optimistis, bahwa karya anak-anak sekolah menengah itu akan menciptakan momentum kebangkitan mobil nasional.

Yakin bakal sukses, Pak Jokowi?

"Dahulu banyak muncul mobil nasional tapi sistemnya tidak dibangun secara utuh. Sehabis produksi, pasarnya tidak disiapkan, ya gagal," kata dia.

Jokowi tidak ingin Esemka bernasib sama. "Sekarang sedang kami siapkan sistem secara utuh, dari pemasaran, terbantu ekspos besar-besaran. Kedua sistem purna jual, service. Sekarang kami siapkan secara utuh. Baru melihat secara realistis," kata dia.

Yang jelas, Jokowi menambahkan, tahun ini mobil Esemka siap diproduksi massal. "Masuk pemesanan komersial, jangan nelpon saya lagi. Saya lanjutkan ke PT Esemka Solo, Solo Technopark."

Ilustrasi lahan.

Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah

Dalam hal ini Alson selaku juru bicara Polres Bintan, jelaskan bahwa pemanggilan Hasan sebagai saksi terkait kasus dugaan pemalsuan surat lahan di Kecamatan Bintan Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024