Ratusan Warga Bogor Terjangkit Chikungunya

Nyamuk chikungunya
Sumber :
  • http://theassassinbug.com

VIVAnews - Ratusan warga Kampung Seuseupan Landeuh, Desa Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terjangkit penyakit Chikungunya. Para korban hanya bisa terbaring di dalam rumah, karena badannya terasa demam dan kakinya bengkak, sehingga tidak bisa jalan.

Untuk mengantisipasi penyakit Chikungunya tidak menjalar kepada warga lainnya, petugas dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ciawi langsung memberi obat terhadap warga yang sudah positif terjangkit Chikungunya.

Caca Supriatna, salah seorang warga yang positif Chikungunya mengatakan, sudah dua hari dirinya merasa demam dan tangannya terdapat bintik-bintik. Tak hanya itu, kakinya pegal-pegal dan tidak bisa jalan. "Setelah diperiksa oleh dokter, saya sudah positif terjangkit Chikungunya," paparnya.

Sementara itu, Eulis Irma, dokter fungsional, mengatakan bahwa penyakit Chikungunya yang sudah menjalar Kampung Seuseupan ini, bisa di kategorikan Kasus Luar Biasa (KLB), karena jumlahnya sudah mencapai ratusan orang dan sebelumnya belum pernah ada yang terjangkit.

Ia menuturkan, yang menyebabkan warga Seuseupan ini terjangkit Chikungunya yakni gigitan nyamuk abeutik. Sebab, hujan terus-menerus mengguyur wilayah Bogor, terutama Kecamatan Ciawi.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Eulis menambahkan, tanda-tanda terjangkit Chikungunya adanya bintik-bintik merah dan kakinya terasa lemas serta tidak bisa jalan. (art)

dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024