Tiga Program Utama Pemerintah di Tahun 2012

Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Pemberantasan korupsi, percepatan pembangunan, dan keterbukaan pemerintah menjadi program utama pemerintah di tahun 2012 ini. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto.

“Program pemberantasan korupsi merupakan prioritas nasional nomor satu dari 11 prioritas nasional,” kata Kuntoro dalam pertemuan seluruh jajaran sekretaris jenderal kementerian dan pejabat setingkatnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

Pada kesempatan itu, Kuntoro menegaskan tahun 2012 adalah tahun bekerja untuk pemerintah. “Ini merupakan kelanjutan dari arahan Presiden bahwa tahun 2012 adalah tahun kinerja,” kata dia.

Kuntoro menjelaskan, pemaparan program pemerintah tahun ini di hadapan sekjen sangat penting, karena para sekjen, sesmen (sekretaris menteri), dan sestama di seluruh kementerian dan lembaga negara dipandang sebagai eksekutor program kunci pemerintahan.

“Presiden selalu mengingatkan bahwa berbagai macam program ditentukan oleh eksekusi di lapangan,” ujar Kuntoro.

Terkait pemberantasan korupsi sebagai salah satu program utama pemerintah, Kuntoro menekankan pada pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 17 Tahun 2011 mengenai Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Sementara soal program percepatan pembangunan 2012, Kuntoro menjelaskan, pemerintah saat ini tengah merancang instruksi presiden terkait. “Diharapkan rancangan inpres ini selesai di akhir bulan ini,” kata dia. Kuntoro menerangkan, saat ini rancangan inpres sudah hampir selesai, tinggal menyusun sasaran program terkait per 3 bulannya sampai akhir tahun di Desember 2012.

Terkait program keterbukaan pemerintah Indonesia, Kuntoro menyatakan hal itu merupakan inisiatif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri. “Open government merupakan inisiatif Pak Presiden untuk bersama dengan Presiden Obama menjadi bagian dari kegiatan dunia,” kata dia.

Rencananya, lanjut Kuntoro, mulai Desember 2012 mendatang, Presiden SBY akan menjadi ketua bersama dengan Perdana Menteri Inggris dalam memimpin Open Government Initiative and Partnership International. (adi)

Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Cerai, MA Hapus Putusan Sidang Dari Website
Ilustrasi Partai Golkar.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Golkar memang mau tak mau harus mencari Habibie baru walau harus sampai ke dasar tumpukan jerami bila ingin menang absolut di pemilu mendatang, menurut pengamat.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024