Jaksa: Hotel Mewah Tak Terkait Buron BLBI

Peta Pulau Bali
Sumber :
  • map.google.com

VIVAnews -  Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali telah selesai melakukan pemeriksaan terhadap berkas perizinan Hotel Mulia Resort yang diduga milik buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Djoko S Tjandra.

Kepala Kejati Bali, A.F. Dharmawan mengatakan, investigasi terhadap izin pembangunan Hotel Mulia Resort di Kuta Selatan, Kabupaten Badung, telah selesai secara formal. "Dari hasil pemeriksaan dokumen-dokumen proses perizinan hotel dan persyaratan secara formal tidak ada masalah dan tidak ada pelanggaran izin," kata dia, Selasa 24 Januari 2012.

Hasil pemeriksaan itu sendiri sudah dilaporkan kepada Kejaksaan Agung sejak tiga bulan yang lalu. Terkait kepemilikan, Dharmawan mengatakan, hotel tersebut terbukti bukan milik Djoko S Tjandra.

"Dalam penyelidikan, kami juga melakukan pengecekan dan klarifikasi dari Dinas Perizinan Kabupaten Badung. Pemiliknya ternyata bukan Djoko Tjandra. Memang awalnya atas nama dia, tapi belakangan yang meneruskan izin bukan dia," ujarnya.

Kendati begitu, Dharmawan menegaskan jika pihaknya hanya melakukan pemeriksaan berkas, bukan dalam konteks investigasi kasus korupsi yang diduga melibatkan Djoko Tjandra. “Kalau kasus korupsinya itu ranah Kejagung. Kami hanya memeriksa berkas perizinan saja,” ulas dia.

Pembangunan Hotel Mulia Resort itu menjadi masalah setelah DPRD Provinsi Bali menemukan adanya dugaan pengalihan izin dari buronan BLBI tersebut pada sekitar Maret 2011 kepada Viady Sutoyo sebagaimana Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Nomor 44 Tahun 2011 yang dikeluarkan Pemkab Badung pada 29 Maret 2011.

Kepastian informasi hotel milik buronan itu didapat DPRD, setelah Ketua Pansus Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Bali Wayan Disel Astawa dan Ketua Komisi I DPRD Bali Made Arjaya menggelar sidak ke lokasi pembangunan hotel tersebut pada 29 September 2011.

Hotel yang dibangun di atas lahan seluas 26 hektare di Desa Peminge, Sawangan, Kuta Selatan, itu dibangun oleh PT Mulia Graha Tata Lestari. (adi)

Brutalnya Israel, Mayat Warga Palestina Ditemukan di RS Nasser dengan Kondisi Telanjang & Diborgol
iLUSTRASI PERANG DUNIA.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Iran melakukan serangan balasan terhadap Israel pada malam Sabtu, 13 April 2024 lalu. IDF (Pasukan Pertahanan Israel). Jika perang dunia apakah kiamat akan terrjadi?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024