BNPB: Kerugian Gempa Manggarai Rp11,6 M

peta wilayah Indonesia yang berpotensi rawan gempa
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Gempa kuat 6,3 skala Richter mengguncang kawasan Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Sabtu 21 Januari 2012, pukul 03.32 WIB. Meski tak memakan korban jiwa, lindu menyebabkan sejumlah kerusakan.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ratusan rumah rusak di Kabupaten Manggarai Barat. "Kerugian mencapai sekitar Rp11,6 miliar. Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB dan BPBD," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan tertulisnya, Rabu 25 Januari 2012.

Dia menambahkan gempa berdampak pada Kecamatan Komodo yang  mencakup dua kelurahan dan lima desa di Kabupaten Manggarai Barat.  Sebanyak 398 unit rumah penduduk yang rusak sedang hingga ringan. Sebanyak 15 unit sekolah rusak sedang dan 11 unit rusak ringan. Ada 18 unit rumah ibadah rusak ringan, satu unit rumah sakit dan satu puskesmas serta lainnya rusak ringan. "Tidak ada korban dan pengungsi," kata Sutopo.

Dia menceritakan, proses verifikasi kerusakan memerlukan waktu. Untuk memastikan apakah bangunan tersebut rusak akibat gempa atau sebelumnya memang sudah rusak. "Kendala keterbatasan sarana, prasarana, dana operasional dan sumber daya manusia di BPBD Manggarai Barat menyebabkan pendataan terbatas," kata Sutopo.

Terlebih bagi daerah-daerah di wilayah Indonesia Timur dan kepulauan yang aksesnya sulit tetapi daerahnya rawan tinggi terhadap bencana seperti gempa bumi. "Untuk itulah BPBD perlu didorong terus agar pemerintah daerah memberikan dukungan yang lebih memadai dalam tugas-tugas kemanusiaan menangani bencana."

Dia menambahkan, meski kekuatannya tak terlalu besar, gempa 6,3 SR dirasakan cukup kuat. "Dirasakan cukup kuat dengan durasi sekitar tiga detik. Warga sempat panik," kata dia. Saat ini, aktivitas warga telah normal.

Pagi ini TRC BNPB menyisir pulau-pulau kecil di beberapa daerah lain, untuk memantau kerusakan.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024

Optimisme kemenangan dirasakan timnas Indonesia untuk merebut kembali piala di turnamen bergengsi Piala Thomas dan Piala Uber 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024