LPSK Cek Komitmen Pimpinan Baru KPK

Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai
Sumber :
  • Antara

VIVAnews -- Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Abdul Haris Semendawai mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk bertemu dengan para pimpinannya.

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang akan dibicarakan. Pertama, terkait nota kesepakatan (MoU) soal perlindungan saksi dan korban. Juga soal peraturan bersama yang ditandatangani KPK, Menteri Hukum dan HAM, Jaksa Agung, Kapolri, dan Ketua LPSK.

"Nanti kami juga akan bicarakan terkait dengan bagaimana implementasi, dari peraturan bersama tersebut. Itu tujuan kami," kata dia, Rabu 25 Januari 2012.

Dia menambahkan, pembicaraan akan membahas bagaimana peraturan yang ada di MoU bisa implementatif dan bisa dilaksanakan di lapangan.

Bagaimana dengan perlindungan bagi Mindo Rosalina Manulang dan Yulianis?

"Tentang Rosa dan Yulianis, itu menjadi salah satu saja. Tetapi pembicaraan utama tetap terkait dengan kerja-kerja KPK dan LPSK di masa yang akan datang,"tambah Abdul.

Apalagi, KPK baru saja punya pimpinan baru. "Kami ingin mendapatkan satu gambaran yang lebih kongkrit, bagaimana komitmen dan kerja ke depan, dari pimpinan KPK di masa yang akan datang khususnya pada periode ini dalam rangka untuk perlindungan saksi dan korban serta justice colaborator dan whistle blower."

Sejumlah tersangka dan saksi KPK pernah berada dalam perlindungan LPSK. Ada Agus Condro, pengungkap kasus cek pelawat terkait pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Yang terakhir adalah terpidana kasus suap Wisma Atlet, Mindo Rosalina Manulang.

Perlindungan itu diberikan menyusul adanya dugaan ancaman pembunuhan yang diterima Rosa di Rutan Pondok Bambu. Ancaman itu dilakukan pihak-pihak yang meminta Rosa untuk mencabut Berita Acara Pemeriksaan. (eh)

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024