Kasus Wisma Atlet

Tersangka Baru, Pimpinan KPK Bantah Terbelah

Ketua KPK Abraham Samad
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi membantah ada perpecahan internal dalam kasus dugaan suap Wisma Atlet SEA Games, dengan terdakwa mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin. KPK membantah pimpinan terpecah dalam hal penetapan tersangka berikutnya.

"Kami pimpinan sudah bukan sahabat, tapi sudah kayak saudara," kata Ketua KPK Abraham Samad dalam keterangan pers kasus cek pelawat di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis 26 Januari 2012.

Dalam kasus Wisma Atlet, saksi Yulianis yang juga mantan anak buah Nazaruddin membeberkan beberapa hal mengejutkan. Pertama, bahwa PT Permai Grup, perusahaan milik Nazaruddin, memberikan gaji Rp20 juta secara rutin kepada Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum pada 2009.

Yulianis juga mengatakan, terdakwa lainnya Mindo Rosalina Manulang mengajukan uang senilai Rp 150 juta untuk Andi Mallarangeng, dan 100 juta untuk Anas Urbaningrum.

Pemberian itu dalam rangka kongres Partai Demokrat di Bandung pertengahan tahun 2010. Namun, Nazaruddin memerintahkan agar uang Rp 150 juta langsung diberikan dan uang Rp 100 juta diambil untuk Permai Grup.

Dalam kasus ini, Anas Urbaningrum dan Andi Mallarangeng berkali-kali membantah semua tuduhan Nazaruddin. Anas bahkan menyatakan tidak pernah sama sekali mengurusi proyek. Andi Mallarangeng juga membantah keras tudingan Nazaruddin.

Bagi KPK, tidak ada kata perpecahan internal dalam hal penentuan tersangka baru dalam kasus ini. KPK tak akan pandang bulu dalam penegakan korupsi. Abraham sendiri tidak mengetahui adanya rumor yang menyebut dua pimpinan KPK lainnya tidak setuju atas rencana penetapan tersangka baru kasus ini.

"Itu bukan kapasitas saya untuk menjawab. Tapi saya tegaskan, kami tetap solid sampai saat ini. Kami tetap kompak," kata Abraham. Meski demikian, Abraham tidak membenarkan dan membantah akan adanya tersangka baru dalam kasus ini.(np)

Inspirasi Membantu Sesama
Timnas Indonesia U-23

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Duel Yordania vs Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A matchday ketiga di Stadion Abdullah Bin Nasser, Minggu 21 April 2024, pukul 22.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024