Citra Demokrat Ambruk Terkait Pemilu 2014

Anas Urbaningrum Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum bereaksi atas isu negatif yang mengarah kepada diri dan partainya. Menurut Anas, isu ambruknya citra Partai Demokrat erat kaitannya dengan persiapan kompetisi politik pada Pemilu 2014 mendatang.

"Kalau ada opini (citra Partai Demokrat ambruk), saya melihatnya bukan opini, tapi pembentukan opini sebagai persiapan 2014. Itu bukan sesuatu yang harus ditangisi tapi dihadapi," katanya saat ditemui di Indramayu, Jawa Barat, Kamis 26 Januari 2012.

Menurut Anas, persoalan penurunan citra partai itu kompleks. Citra partai tidak ditentukan satu dua hal melainkan menyangkut dinamika politik internal dan eksternal yang sangat kuat sekaligus banyak.

"Partai Demokrat itu partai pemerintah, bahwa sekarang ini sudah ada suasana politik untuk pra 2014 sangat kita rasakan," terangnya.

Salah satu sebab merosotnya citra Partai Demokrat di mata publik menurut analisa Anas adalah karena mereka tidak cukup dalam memiliki fasilitas publikasi seperti media, baik cetak maupun elektronik.

"Dalam bahasa lugas di Jawa Timur, Demokrat tidak punya TV, koran, radio, realitasnya seperti itu. Ini situasi yang harus dihadapi. Buat saya, dinamika biarkan berjalan," ucapnya.

Berdasarkan berbagai survei terbaru, elektabilitas Partai Demokrat berada di bawah PDIP dan Golkar, meski popularitas SBY sendiri masih cukup tinggi.

Partai Demokrat harus mengantisipasi segala kemungkinan, termasuk apabila ketua umum mereka ditetapkan menjadi tersangka, dan selanjutnya diputus bersalah oleh pengadilan. Apalagi isu pencopotan Anas Urbaningrum saat ini juga sedang kencang.

Pertemuan demi pertemuan pun digelar Demokrat. Termasuk, Selasa malam lalu, Dewan Pembina Demokrat berkumpul di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua membenarkan, pertemuan di antaranya membahas soal Anas. Tetapi, kata Max, tak ada pembahasan soal rencana pendongkelan Anas dari kursi Ketua Umum Demokrat.

Nama Anas Urbaningrum terseret kasus suap Wisma Atlet. Dalam kesaksiannya, Anas sendiri telah berkali-kali membantah keterlibatannya dalam suap yang didakwakan kepada Nazaruddin.

Nekat Terobos Lampu Merah, Dua Pengendara Motor Ini Adu Banteng
Mamah Dedeh

Punya Mertua Matre? Begini Jawaban Mamah Dedeh Buat Menantu Perempuan

Mamah Dedeh meminta agar setiap menantu perempuan bisa menyiapkan mental mereka sebelum menikah.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024