Dampak Siklon Tropis Meluas Hingga Surabaya

Gelombang Tinggi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Siklon tropis Iggy atau badai tropis yang melanda bagian barat daya Denpasar, Bali, dan bergerak ke arah tenggara, juga berdampak terhadap wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengaruh itu diperkirakan akan menimbulkan hujan dengan intensitas ringan sampai sedang, angin kencang dan gelombang laut tinggi. Kondisi ini diprediksi akan berlangsung selama sepekan ini.

"Hujan dapat terjadi di setiap waktu, mulai pagi, siang atau malam. Untuk angin dapat mencapai kecepatan mencapai 150 kilometer per jam. Sedangkan gelombang laut bisa mencapai empat sampai enam meter," kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I BMKG Yogyakarta, M Riyadi, Kamis 26 Januari 2012.

Riyadi mengimbau kepada masyarakat, agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Terutama bagi yang melakukan aktifitas di luar rumah, terlebih di pantai maupun laut lepas seperti nelayan.

Siklon tropis tidak hanya mengakibatkan peningkatan angin kencang di wilayah Yogyakarta, tetapi juga wilayah Jawa Tengah Selatan. Kecepatan angin yang tinggi berdampak pula pada ketinggian gelombang di pantai selatan Yogyakarta. "Gelombang tinggi tentunya sangat berbahaya bagi nelayan yang berlayar," imbuhnya.

Sementara itu, guna mengantisipasi cuaca buruk, sejumlah perusahaan penyeberangan di Tanjung Perak Surabaya juga menghentikan jadwal perjalanan kapal mereka. 

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia

Perusahaan tak mau mengambil resiko menghadapi cuaca ekstrim yang bisa membahayakan pelayaran. Khususnya untuk pelayaran di jalur lintas panjang. Itu dilakukan terhitung mulai 24 Januari 2012. Keputusan itu diambil setelah ada surat edaran tentang buruknya cuaca di laut yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Syahbandar Tanjung Perak.

Larangan berlayar yang ditujukan untuk semua kapal-kapal berukuran kecil dengan berat di bawah 300 GT. Cuaca ekstrim mungkin terjadi hingga pertengahan Februari. Batas waktu penghentian pelayaran belum diketahui.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya
Kris Dayanti

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Meskipun telah menikah selama beberapa tahun, Kris Dayanti menegaskan pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan diri di hadapan suami.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024