FOTO: Alquran Kayu Raksasa di Palembang

Al Quran Raksasa di Ponpes Modern IGM, Palembang
Sumber :
  • ANTARA/Nila Fu'adi

VIVAnews - Alquran raksasa setinggi 18,5 meter dan panjang 1,2 meter di Palembang, Sumatera Selatan, yang terbuat dari pahatan kayu menjadi Alquran terbesar di dunia. Ini merupakan Alquran pahatan kayu raksasa di dunia.

Alquran 30 juz dengan ukiran kayu itu dibuat selama sembilan tahun oleh para santri dan pengajar Pondok Pesantren Modern Indo Global Mandiri (IGM), Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.

Alquran yang dibuat dengan biaya Rp2 miliar itu sudah diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin di Palembang, dalam acara Konferensi Parlemen Negara Islam anggota OKI (PUIC).

Alquran raksasa dengan 630 halaman ini terbuat dari ukiran kayu trembesi. Alquran yang menjadi daya tarik peserta konferensi internasional itu dibuat atas inisiatif tokoh muda Islam, Syofwatillah Mozaib.

Kini, Alquran fenomenal itu disimpan di Pesantren Al Ikhsaniyah di Gandus, Palembang. Alquran yang proses pemahatannya berlangsung pada 2003 sampai 2008 itu sebelumnya sempat dipamerkan dan disimpan di Masid Agung Palembang.

Ketebalan Alquran mencapai 9 meter dengan ukuran halaman 177 x 140 x 2,5 cm. Sebanyak 40 meter kubik kayu trembesi dihabiskan untuk membuat Alquran raksasa ini. Berikut FOTO: Alquran Raksasa Palembang Pecah Rekor Dunia

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024