Menteri Purnomo Dapat Gelar Bangsawan Yogya

Acara Tingalan Ndalem Paku Alam IX di Puro Pakualaman, Yogyakarta
Sumber :

VIVAnews - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam IX memberikan gelar kepada 60 abdi dalem dan kerabat Puro Pakualaman bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke 76 di Bangsal Sewatama, Yogyakarta, Selasa, 31 Januari 2012.

Beberapa nama yang cukup dikenal oleh masyarakat seperti Menteri Pertahanan,  Purnomo Yusgiantoro, mendapatkan gelar Bupati Nayaka dan  Gandi Sulistiyanto Soeherman, Ketua Umum Yayasan Eka Cipta mendapatkan gelar Kanjeng Mas Tumenggung Projoabdono dengan jabatan Bupati Anom.

Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Endro Kusumo, Pengageng Budaya dan Pariwisata Pakualaman, menyatakan pemberian gelar ini diberikan bertepatan dengan tingalan ndalem atau hari kelahiran. "Siapa yang berhak mendapatkan gelar adalah hak prerogatif KGPAA Paku Alam yang diusulkan oleh panitia khusus dari Puro Pakualaman," katanya.

Menurutnya, pemberian gelar ini dilakukan sudah turun temurun dari Paku Alam I pada tahun 1811 hingga Paku Alam IX dan jumlahnya telah mencapai ribuan. "Kalau dihitung dari Paku Alam I, jumlahnya sangat banyak," katanya.

Lebih lanjut Endra menyatakan pemberian gelar oleh PA ke IX kali ini merupakan yang terbanyak yaitu 60 orang. Tahun-tahun sebelumnya hanya dalam kisaran 20-30 orang abdi dalem dan kerabat Keraton Puro Paku Alaman.

"Para lurah di wilayah Yogyakarta juga mendapatkan gelar baru dan juga kenaikan pangkat. Kali ini juga dapat seorang Pastur dari salah satu gereja di Jawa Timur yaitu John Tondowidjojo Tondodingrat," katanya.

Gandi Sulistiyanto Soeherman,  yang mendapatkan gelar Kanjeng Mas Tumenggung Purwo Wahyono, mengatakan bahwa sebagai orang Jawa gelar ini merupakan bentuk penghormatan yang diberikan Keraton Paku Alam kepada dirinya.

Dulu Lawan Sekarang Kawan, Momen Shin Tae-yong Bawa Korsel Bantai Timnas Indonesia U-23

"Gelar ini saya juga persembahkan kepada Yayasan Eka Cipta karena gelar ini diberikan atas kiprah Eka Cipta Foundation dalam penanganan gempa, erupsi Merapi, penerbitan buku budaya dan juga bea siswa kepada mahasiswa," kata  Gandi Sulistiyanto Soeherman yang juga Managing Director Grup Sinar Mas.

Gelar yang diberikan ini kata Sulis tidak akan digunakan di sembarang acara namun hanya akan digunakan jika ada acara yang terkait dengan kegiatan Keraton Paku Alam. "Untuk kegiatan sehari-hari, saya masih memakai nama Gandi Sulistiyanto Soeherman," katanya tersenyum.

Sulis mengaku menjadi kandidat penerima gelar dari Paku Alam diberitahu oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Djoko Santosa, yang menyatakan namanya masuk sebagai kandidat penerima gelar dari Keraton Paku Alam. "Setelah itu saya kirim satu tim untuk mengetahui tujuan pemberian gelar tersebut," katanya.

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Cak Imin: PKB Ingin Terus Bekerja Sama dengan Gerindra

Cak Imin beraarap keinginan kerja sama antara PKB dan Gerindra ini dapat terwujud.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024