Cuma Ada 1.000 Wartawan Bersertifikat Profesi

Jurnalis demonstrasi tolak kriminalisasi pers/ media
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Di seluruh Indonesia, dari sekitar 75.500 orang wartawan, baru 1.000 wartawan yang bersertifikat profesional. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Pusat, Margiono, menyatakan, ke depan seharusnya setiap wartawan memiliki sertifikat profesi semacam ini.

"Dan, semua pihak boleh menanyakan itu kepada yang bersangkutan," kata Ketua PWI Pusat Margiono dalam sambutan di Pelantikan Pengurus PWI Cabang Jawa Timur Periode 2011-2016 di Surabaya, Selasa 31 Januari 2012..

Terkait itu, Margiono meminta PWI Jatim untuk segera melakukan uji kompetensi kepada anggotanya. "Itu bisa dimulai dari pengurusnya dulu, mereka yang nanti harus punya sertifikasi sebagai wartawan nasional," kata Margiono.

Sertifikasi wartawan, lanjut Margiono sangat penting bagi profesi wartawan ke depan. Itu sebagai salah satu cara untuk mengatasi kinerja wartawan yang tidak sehat. "Nanti, semua instansi pemerintah dan swasta, kalau ada wartawan bisa menanyakan itu. Kamu sudah bersertifikat profesional atau belum," ujarnya.

Sementara, acara pelatikan PWI Jatim juga dihadiri Gubernur Jatim Soekarwo, Kepala Kepolisian Daerah Jatim Inspektur Jenderal Hadiatmoko, Panglima Daerah Militer V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Murdjito, Kelapa Dinas Penerangan TNI AL Letnan Kolonel Yayan Sujana serta unsur pimpinan daerah Jatim lainnya. (eh)

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!
Febri Diansyah dan Rasamala Usai Diperiksa Penyidik KPK

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Jaksa KPK akan memanggil Febri Diansyah dkk dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan) dengan terdakwa mantan Mentan SYL.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024