Kalla: Kabarkan Terus Komodo ke Seluruh Dunia

Kunjungan Jusuf Kalla ke Pulau Komodo
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - Bagi mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, pasca terpilihnya Taman Nasional Komodo sebagai pemenang  tujuh keajaiban alam dunia  dalam ajang New7Wonders of Nature bukanlah antiklimaks. Hasil resmi akan diumumkan kemudian. 

Duta Komodo itu menekankan, pekerjaan rumah yang menanti adalah bagaimana menarik wisatawan untuk datang ke Pulau Komodo, dan lokasi wisata lain ke di Nusa Tenggara Timur.

Terkait itu, Kalla meminta pemerintah pusat dan daerah  memperbaiki infrastruktur dan fasilitas umum di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Ini adalah langkah pertama  yang harus dilakukan untuk menarik simpati wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

“Fasilitas yang harus diperbaiki antara lain, jalan raya, Bandara Komodo yang hanya bisa dilandasi pesawat kecil, serta perhotelan yang masih sangat terbatas," kata Kalla di Kupang, Rabu 1 Februari 2012.

Dia menambahkan, Untuk mendukung Komodo sebagai ikon pariwisata nasional dan dunia, semua pihak harus terlibat aktif melakukan kampanye serta menciptakan suasana yang kondusif.
 
Jusuf Kalla juga mengajak semua pihak untuk terus mengkampanyekan Komodo agar lebih dikenal hingga luar negeri. Kampanye Komodo yang paling efektif dilakukan melalui  pemberitaan di media massa atau internet. 

"Saya kira itu cara kampanye yang sangat efektif untuk promosikan komodo agar semakin dikenal," katanya. Dia berharap, pemerintah daerah mengirim  sejumlah agen wisata atau lembaga yang punya komitmen untuk memajukan pariwisata NTT ke Denpasar-Bali untuk belajar tentang  strategi kampanye pariwisata. "Dengan begitu, pariwisata NTT bisa disetarakan Bali yang kunjungan wisatawannya mencapai 2 juta per bulan," katanya.

Apresiasi NTT

MK Dibanjiri Karangan Bunga Dukung Prabowo-Gibran

Sebelumnya masyarakat NTT memberikan apresiasi kepada Jusuf Kalla karena terlibat langsung dalam mengkampanyekan Komodo sehingga terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru.

Kalla mengaku, keterlibatannya waktu itu semata mata untuk kepentingan bangsa, apalagi sebelum dirinya menjadi duta komodo, jumlah  vote terhadap komodo baru mencapai 600 suara.

“Setelah  empat bulan berkampanye, suara komodo terus mengalami peningkatan dan mencapai 300 juta SMS vote untuk mendukung komodo sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia,” ujarnya.

Meski diumumkan tujuh besar, kemenangan Komodo belum terkonfirmasi. Baru dua finalis yang disahkan, yaknis Pulau Jeju, jagoan Korea Selatan dan Puerto Princesa, finalis dari Filipina. (ren)

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah
Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Rupiah Amblas ke Rp 16.200 per dolar AS, Gubernur BI Lakukan Intervensi

Nilai tukar rupiah akhir-akhir ini melanjutkan tren pelemahan yang kini telah menembus level Rp 16.200 per dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024