Pemprov Sulut Bantah Rayu AS Jaga Perbatasan

Ilustrasi kapal militer AS
Sumber :
  • Facebook/U.S. Navy photo by Lt K. Madison Carter/Released

VIVAnews - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara membantah bahwa Amerika Serikat akan membangun pangkalan militer dan menjaga perbatasan Indonesia-Filipina. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengakui tidak berwenang soal pengamanan di perbatasan, karena itu kewenangan TNI-Polri.

"Ini mungkin ada misinterpretasi. Pengamanan perbatasan itu kewenangan TNI dan Polri. Pemerintah daerah tidak berwenang soal itu," kata Staf Khusus Komunikasi Publik Gubernur Sulawesi Utara, Michael F Umbas, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Rabu 1 Februari 2012.

Isu adanya pengamanan wilayah perbatasan itu mengemuka saat pertemuan antara Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djauhari Kansil dengan pihak Konsulat Jenderal Amerika Serikat, pada 24 Januari 2012 lalu. Tetapi, Michael membantah pertemuan itu membahas soal pengamanan perbatasan.

"Pengamanan perbatasan itu sudah melampaui kewenangan kami. Kami tidak memiliki aparat keamanan. Lagipula, kita tidak ada masalah serius dengan Filipina," kata Michael.

Michael menegaskan, dalam pertemuan itu tidak ada disinggung soal tawaran pemerintah provinsi kepada Amerika untuk menjaga perbatasan. Menurut dia, perbincangan yang dibangun masih dalam konteks yang wajar.

"Sekalipun pemerintah Amerika ingin membantu, silakan berurusan dengan TNI dan Polri sebagai penjaga kedaulatan. Kami sama sekali tidak memiliki itu," ujar dia.

Sejumlah media lokal Sulawesi Utara ramai memberitakan pasca-pertemuan Wakil Gubernur Sulawesi Utara dengan Konsul Jenderal Amerika Serikat. Dalam pemberitaan disebutkan bahwa Wakil Gubernur mengusulkan agar Amerika membantu pengamanan di perbatasan Indonesia dan Filipina.

"Coba saja lihat dengan kasat mata, apakah di sini sudah ada pembangunan pangkalan militer Amerika? Tidak ada kan," ujar Michael. (umi)

Penjualan Mobil Diprediksi Menurun, Dampak BI Rate
Marselino Ferdinan

Mengungkap Status Mobil Hadiah yang Diterima Merselino Ferdinand

Pemain Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinand pernah diberikan mobil oleh perusahaan yang diterimanya secara langsung, mobil tersebut adalah buatan Eropa, dan harga..

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024