Di Masa Lalu, Indonesia Adalah Peradaban Maju

Profesor Stephen Oppenheimer
Sumber :
  • bradshawfoundation.com

VIVAnews - Ahli teori genetika dan struktur DNA manusia dari Oxford University, Inggris, Stephen Oppenheimer tengah berkunjung ke Indonesia. Penulis buku ''Eden in The East' ini menyatakan dahulu Indonesia sempat jadi bangsa yang maju.

"Di masa lalu, kalian ada sebuah peradaban maju," kata dia saat bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Kamis 2 Februari 2012.

Dia menjelaskan Asia Tenggara ada dalam satu kontinen besar yang terdiri dari Kalimantan, Jawa, Muangthai (Thailand), dan Filipina.

Analisis Oppenheimer seperti memutarbalikkan sejarah yang sudah ada. Lewat bukunya yang merupakan catatan perjalanan penelitian genetis populasi di dunia, ia mengungkapkan bahwa peradaban yang ada sesungguhnya berasal dari Timur, khususnya Asia Tenggara.
 
Sejarah selama ini mencatat bahwa induk peradaban manusia modern itu berasal dari Mesir, Mediterania dan Mesopotamia. Tetapi, menurut dia, nenek moyang dari induk peradaban manusia modern berasal dari tanah Melayu yang sering disebut dengan sundaland atau Indonesia.

Apa buktinya? "Peradaban agrikultur Indonesia lebih dulu ada dari peradaban agrikultur lain di dunia," kata lulusan fakultas kedokteran Oxford University dalam sebuah diskusi di Jakarta, beberapa waktu lalu. (umi)

Kondisi Terkini Wonderkid Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh Usai Lama Tak Terdengar Kabarnya
Baterai Blade BYD

Baterai Baru BYD Siap Menggebrak Pasar Otomotif

BYD, raksasa otomotif dan baterai asal Tiongkok, mengumumkan peluncuran baterai blade generasi kedua yang dijadwalkan pada akhir tahun ini, kemungkinan pada bulan Agustus

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024