Pesawat Merpati Gagal Mendarat di Alor NTT

Pesawat Merpati
Sumber :
  • airliners.net

VIVANews - Pesawat Merpati Nusantara Airlines dengan nomor penerbangan NZ 6502, rute Kupang-Alor, gagal mendarat di Bandara Mali, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis 2 Februari 2012. Cuaca buruk di sekitar bandara menjadi penyebabnya.

Pesawat yang mengangkut sekitara 30 penumpang itu akhirnya kembali ke Bandara El Tari, Kupang. "Pesawat sempat berputar-putar di udara, namun tidak bisa mendarat akibat kabut cukup tebal. Sehingga harus kembali ke Kupang,” kata Linus Kia, salah seorang penumpang pesawat.

Pesawat itu berangkat dari Kupang sekitar pukul 08.00 WITA dan menurut jadwal akan mendarat di Mali pada pukul 09.15 WITA. Namun, kabut tebal menyelimuti bandara itu. "Sehingga pilot memutuskan kembali ke Kupang sekitar pukul 11.00 WITA. Kami sempat berputar sebanyak 3 kali, sebelum akhirnya kembali," katanya.

Saat ini, para penumpang masih bertahan di Bandara El Tari Kupang. Mereka menunggu kepastian pemberangkatan ke Alor lagi. Sejumlah penumpang mencoba berpindah ke maskapai Trans Nusa. Namun, tetap gagal berangkat karena cuaca masih buruk.

Tak hanya menyebabkan gagalnya pendaratan, cuaca buruk juga memaksa empat penerbangan di Bandara El Tari dibatalkan. Keempat penerbangan yang dibatalkan adalah Merpati M60 rute Kupang-Alor dan Kupang-Tambolaka-Sumba Barat Daya serta penerbangan maskapai  Trans Nusa tujuan Alor dan Ende-Flores.

Kepala Bidang Udara Dinas Perhubungan NTT, Donatus Ditamete membenarkan adanya pembatalan sejumlah penerbangan itu. "Penerbangan Merpati tujuan Alor gagal mendarat dan kembali ke Kupang dan penerbangan Trans Nusa tujuan Tambolaka Sumba Barat juga batal terbang karena cuaca buruk," katanya.

Penundaan ini menyebabkan ratusan penumpang terlantar di Bandara El Tari Kupang. Belum ada kepastian kapan penerbangan akan dibuka kembali. "Kami masih menunggu informasi cuaca dari BMKG El Tari Kupang," kata salah seoarang staf Merpati Kupang. Menurut staf itu, para penumpang yang gagal berangkat akan diterbangkan dalam extra flight bila cuaca sudah baik. 

Petinggi Gerindra Sebut Amicus Curiae yang Diajukan Megawati Sudah Dipatahkan di MK
Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024