Penembakan Aceh Terkait Masalah Utang

foto ilustrasi
Sumber :

VIVAnews - Kapolda Aceh Irjen Iskandar Hasan mengatakan penembakan rumah anggota tim sukses calon Gubernur Aceh, Asnawi Abdul Rahman, tidak terkait dengan pilkada. Menurutnya, penembakan ini mengarah pada masalah pribadi.

"Itu bentuk peringatan pelaku kepada korban karena beberapa kali diminta melunasi utang-utangnya yang belum juga diselesaikan," kata Iskandar Hasan usai pembukaan rapat koordinasi TNI-Polri di Markas Kodam Iskandar Muda Aceh, Rabu 8 Februari 2012.

Menurut Iskandar, polisi masih bekerja untuk mencari keberadaan para pelaku. Dia kembali menegaskan aksi itu tergolong kriminal murni dan tidak berhubungan dengan pilkada. "Investigasi yang kami dapatkan ini terkait dengan masalah pribadi, jadi tidak terkait pilkada," ujarnya.

Terkait suasana keamanan di Aceh jelang Pilkada, Iskandar mengatakan, Aceh masih cukup kondusif. Dia meminta masyarakat menjaga agar suasana jelang pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik.

"Kami memohon agar masyarakat sama-sama menjaga situasi ini, agar tidak ada aksi-aksi anarkis yang dapat merusak dan mengganggu pelaksanaan pilkada," ujarnya.

Untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Aceh, Polda Aceh dan TNI Kodam Iskandar Muda akan melakukan berbagai upaya pengamanan. Langkah pengamanan juga akan dilakukan mulai dari tindakan persuasif hingga represif.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar pelaksanaan pilkada Aceh berjalan aman dan demokratis," ujarnya.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Sebelumnya, aksi teror bersenjata meledak lagi di Aceh. Minggu 5 Febuari 2012, rumah Asnawi di Gampong Beusa Merano Dusun Aman Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, diberondong senjata api sekitar pukul 20.30 WIB. Tidak ada korban dalam peristiwa itu.

Empat orang pelaku yang menutup wajahnya dengan sebo, datang dengan mengendarai dua sepeda motor. Mereka berdiri di luar pagar dan mengarahkan tembakan ke arah rumah. Setelah melakukan aksinya pelaku langsung melarikan diri. “Menurut warga, pelaku berdiri di depan pagar dan langsung memberondong rumah, 4 tembakan menembus pintu rumah,” kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Gustav Leo, Senin 6 Febuari 2012.

Asnawi adalah bekas Sekretaris Partai Aceh Kota Pereulak. Pengusaha kontruksi itu kini bergabung dalam barisan tim pemenangan pasangan calon gubernur Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan. (umi)

Presiden Iran Ancam Serangan Secara Brutal ke Israel Jika Berani Membalas!
Ilustrasi Gelombang Tinggi

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan badai atau hujan yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 27 provinsi di Indonesia pada Kamis.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024