Danny: Muhaimin Kekurangan Uang THR

Barang Bukti Sitaan KPK dari Kemenakertrans
Sumber :
  • VIVAnews/ Nila Chrisna Yulika

VIVAnews - Sidang perkara suap Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) untuk kawasan transmigrasi dengan terdakwa I Nyoman Suisnaya kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta dengan agenda pemeriksaan saksi. Rabu, 8 Februari 2012.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) kembali memutar rekaman percakapan antara Syamsul Alam dengan pengusaha Danny Nawawi yang berhasil disadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam rekaman berdurasi sekitar 1,5 menit tertanggal 25 Agustus 2011 itu, melalui Danny, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, menyatakan kekurangan Rp 2 miliar untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) ke seluruh Indonesia.

"Beliau (Muhaimin) buka-bukaan minta tolong . Dia (Muhaimin) sih gak nagih duit tapi (bilang) tolong bantu saya," kata Danny yang mengaku baru saja bertemu Menakertrans Muhaimin Iskandar sekitar pukul 9 pagi tanggal 25 Agustus 2011. Percakapan itu terjadi beberapa jam sebelum penangkapan dua pejabat Kemenakertrans dan satu orang swasta.

Dalam rekaman itu Danny menanyakan kesanggupan Syamsul membantunya menutupi kekurangan Rp2 miliar untuk THR itu. "Gimana Pak? bisa dicairkan ?" tanya Danny kepada Syamsul. "Ya, ya, ya, Pak. Uangnya belum cair," jawab Syamsul.

Saat diklarifikasi, Ketua Majelis Hakim, Sudjatmiko menanyakan kepada Syamsul apakah kekuangan uang itu sudah dicairkan. Syamsul pun membantah telah mencairkan. "Ya belum ada uangnya," ujar Syamsul.

Dalam kasus ini, Danny Nawawi yang merupakan pengusaha, diketahui membantu Dharnawati untuk mengkonfirmasi perihal pemberian uang bantuan lebaran kepada Menteri Muhaimin sebagaimana yang diminta oleh dua pejabat Kemenakertrans, Nyoman dan Dadong.

Namun sebelum diberikan, KPK lebih dulu menangkap Dharnawati, Nyoman dan Dadong. Ketiganya ditangkap ditempat berbeda karena diduga melakukan suap menyuap uang sebesar Rp 1,5 miliar untuk proyek PPID di empat Kabupaten di Papua. (sj)

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit
Ilustrasi menenangkan anak tantrum

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Tantrum adalah ledakan perilaku yang mencerminkan suatu respon disregulasi terhadap rasa frustasi anak sehingga anak tak mampu meregulasi rasa frustasi yang yang dialami.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024