Cap Go Meh

SBY: Tak Ada Lagi Istilah Nonpribumi

Perayaan Tahun Baru Imlek 2563 di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan Indonesia saat ini tidak lagi mengenal perbedaan pribumi dan non-pribumi ataupun warga asli dan warga keturunan. Semuanya duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi serta memiliki hak sebagai warga bangsa yang sama.

Hal tersebut ditegaskan SBY dalam perayaan Cap Go Meh kelima di Kemayoran, Jakarta. Menurut SBY Undang-Undang Dasar telah menegaskan, bahwa semua warga negara berkesamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan. Karena itu, semua warga negara termasuk masyarakat Tionghoa, mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai Warga Negara Republik Indonesia.

"Kita tidak lagi mengenal pribumi dan non-pribumi atau warga asli dan warga keturunan," kata Yudhoyono, Rabu malam, 8 Februari 2012.

Dalam kesempatan ini, Presiden SBY juga memberikan penghargaan kepada 10 masyarakat Tionghoa yang berperan aktif dalam corporate social responsibility dari berbagai pihak. SBY memberikan penghargaan berupa Apresiasi CSR Sejahtera 2012.

"Saya mengajak masyarakat Tionghoa, terutama yang bergerak di dunia usaha, untuk mewujudkan kepedulian kepada sesama warga bangsa, dengan meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan secara luas dan berkelanjutan," kata Yudhoyono. "Negeri ini memerlukan kesetiakawanan dan persaudaraan yang tinggi.  Yang kaya membantu yang miskin, yang kuat membantu yang lemah."

Dalam kesempatan yang sama SBY juga mengajak para pengusaha Tionghoa untuk mensinergikan dunia usaha dengan agenda besar pemerintah, untuk mempercepat dan memperluas pembangun-an ekonomi yang menyejahterakan masyarakat kita.

Berikut penerima penghargaan Apresiasi CSR Sejahtera 2012 yang terbagi dalam lima kategori:

1. Kategori Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat kepada Presdir PT. Bogasari Flour Mills Franciscus Welirang dan Presdir PT. Adaro Indonesia Garybaldy Tahir

2. Kategori Bidang Kesehatan kepada Presdir PT. Sido Muncul Irwan Hidayat dan Komisaris Utama PT. Kalbe Farma Dr. Boen

3. Kategori Bidang Lingkungan kepada Presdir PT. Djarum Budi Hartono dan Presdir Agung Podomoro Group Trihatma

4. Kategori Bidang Budaya kepada Presiden Komisaris PT. Aqua Golden Missisippi Lisa Tirto Utomo dan Presdir PT. Nyonya Meneer Charles Saerang

5. Kategori Bidang Pendidikan kepada Pemilik Ciputra Group, Ciputra dan Pendiri Putra Sampoerna Foundation Putra Sampoerna

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024