Pencuri Merica Divonis 2 Bulan 25 Hari

Merica
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Pengadilan Negeri Sinjai menjatuhkan vonis 2 bulan 25 hari terhadap Rawi, kakek berusia 66 tahun yang menjadi terdakwa dalam kasus pencurian 50 gram merica. Keputusan itu dibacakan Ketua Majelis Hakim Raden Nurhayati, Kamis, 9 Februari 2012, di ruang utama PN Sinjai Sulawesi Selatan.

Meski dijatuhi hukuman hampir tiga bulan, terdakwa tidak akan dijebloskan ke penjara, sebab dia memang sudah ditahan selama kasus ini diproses kepolisian, kejaksaan dan masa persidangan. Jadi jika dipotong masa tahanan, dia bebas.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Kuasa hukum Kake Rawi, Alamsyah, menegaskan bahwa jika kliennya menerima putusan itu, maka, "Bisa langsung bebas setelah menyelesaikan urusan administrasi persidangan."

Namun demikian, Alamsyah menegaskan, bahwa semenjak awal, dia tidak mengakui dakwaan atas kliennya dengan pasal 362 KUHP. Pasalnya sang kakek sama sekali tidak melakukan pencurian dan menganggap proses hukum terhadap Rawi penuh rekayasa dan berlangsung janggal.

"Ini sidang yang dipaksakan, karena si pemilik sendiri, (Abbas), tidak merasa kehilangan merica dan tidak mempersoalkan kasus itu dengan surat tidak keberatan yang dibuat hitam diatas putih," tambahnya.

Terdakwa, kata Alamsyah, hanya dituduh oleh dua saksi pelapor, Rustam dan Cama, yang kemudian menyuruh Abbas untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sinjai Selatan. Sejumlah barang bukti bahkan diadakan oleh pelapor saat terdakwa ditahan di Rutan Sinjai. Maka dari itu dalam pledoinya, Alamsyah meminta kliennya dibebaskan dari segala tuntutan, termasuk pembebasan biaya perkara dalam sidang tersebut.

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN
Nikita Mirzani

Deretan Pria Pernah Jalin Hubungan dengan Nikita Mirzani dari Bule higga Ajudan Prabowo

Nikita telah menjalin hubungan dengan banyak pria, termasuk tiga kali menikah dan bercerai. Siapa saja pria yang pernah berada dalam kehidupan asmara Nikita Mirzani?

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024