Puncak Hari Pers, Mahasiswa Demo SBY-Boediono

Presiden SBY Buka Perdagangan Saham 2012
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews – Sekelompok mahasiswa menolak kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jambi. Presiden diagendakan hadir dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional ke-27, hari ini.

Presiden RI tiba di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi, Kamis 9 Februari 2012 pukul 10.30 WIB. Kedatangan SBY ini disambut aksi demo sekitar 200 mahasiswa yang berasal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Negeri Jambi, Universitas Batanghari Jambi, Institut Agama Islam Negeri Sultan Thaha Jambi, STEMIK Nurdin Hamza.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Aksi ini juga digawangi kelompok mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jambi, Komite Angkatan Muda Mahasiswa Indonesia (KAMMI) Jambi, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (KONAMI).

Mereka menggelar aksi demo dalam radius sekitar 400 meter, menuju gedung DPRD Jambi di mana acara ini akan digelar. Rombongan Presiden pun terpaksa mencari jalur lain untuk menuju gedung DPRD.

Dalam aksi, mereka meminta pasangan SBY-Boediono sebaiknya mundur dari jabatan karena dinilai gagal memimpin negeri ini ke arah yang lebih baik. “Kami menolak kedatangan Presiden, karena tidak membawa manfaat bagi masyarakat Jambi, bahkan hanya menghambur-hamburkan uang negara,” kata Ahmad Rosyidi, Koordinator Umum Aksi Persatuan Mahasiswa Jambi Menggugat.

Bahagia Ritonga, Presiden Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Batanghari Jambi menyatakan, kepemimpinan SBY telah gagal dan hanya mengumbar janji, termasuk janji memberantas korupsi.

“Katanya mau mensejahterakan rakyat, tapi fakta di lapangan masyarakat semakin banyak yang miskin. Begitu pula janji untuk membuat biaya pendidikan dan kesehatan murah, namun tidak terbukti sama sekali."

Aparat keamanan dari jajaran Polisi Daerah Jambi tampak berjaga dan mengawal aksi demo ini. Pasukan disokong water cannon dan gas air mata. Saling dorong sempat terjadi antara pendemo dengan polisi saat mahasiswa memaksa menembus blokade keamanan menuju Gedung DPRD.

Selain menghadiri puncak hari pers, Presiden SBY juga dijadwalkan mengunjungi Desa Pudak, Kecamatan Kumpeulu, kabupaten Muarojambi, unuk melakukan panen raya kolam ikan milik warga desa setempat. Malamnya, SBY juga akan menonton pegelaran wayang kulit di halaman sebelah Kantor Harian Jambi Ekspres. (eh)

Wilayah kerja migas lepas pantai yang dikelola Medco Energi.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan penyelesaian divestasi seluruh kepemilikan sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V. (OVBV).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024