Patrialis: Semua Komisi III Punya Akses Lapas

Amir Syamsuddin dan Patrialis Akbar saat serah terima jabatan Menteri Hukum
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Mantan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar membantah hanya mengeluarkan 16 kartu akses khusus ke Lembanga Pemasyarakatan kepada Komisi III DPR bidang hukum.

KPK Panggil Nayunda Nabila, Biduan yang Disewa SYL Rp 100 Juta di Acara Kementan

Menurut Patrialis, saat ia masih menjabat orang nomor satu di Kementerian Hukum dan HAM seluruh Anggota Komisi Hukum DPR mendapat kartu akses khusus

Pernyataan Patrialis ini membantah Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin yang menyebut bahwa tidak semua anggota Komisi III DPR memiliki kartu akses khusus ke Lembaga Pemasyarakatan.

"Semua Anggota Komisi III tanpa kecuali, saya berikan akses itu," kata Patrialis, Jumat 10 Februari 2012. Patrialis menjelaskan, pemberian kartu akses kepada Komisi III DPR itu dalam rangka pengawasan dan keterbukaan kerja Kementerian Hukum dan HAM, khususnya di dalam Lembaga Pemasyarakatan.

Persoalan kartu akses khusus anggota DPR ke Lapas ini mencuat setelah kunjungan mendadak M Nasir ke sel terdakwa kasus suap wisma atlet yang juga mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin. Kunjungan kakak kepada sang adik itu dipergoki Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana jelang tengah malam pada Rabu malam 8 Februari 2012.

Menurut Patrialis, fungsi utama kartu akses itu adalah untuk menjalankan pengawasan anggota Komisi III DPR. "Kalau di luar pengawasan, itu di luar tanggung jawab saya lagi. Apalagi itu disalahgunakan. Kita bisa dilihat motifnya apa," ucap Patrialis yang juga politisi PAN ini.

Patrialis menambahkan, kartu akses juga tidak ditulis masa berlaku. Tapi saat itu Patrialis meminta Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM untuk memberikan batas kartu selama setahun.

"Tapi ternyata tidak dibuat. Berarti kartu itu berlaku selama mereka jadi Anggota Komisi III," kata Patrialis yang juga mantan anggota DPR ini. Sebelumnya, Amir Syamsuddin mengatakan bahwa kartu akses khusus masuk Lapas itu memiliki periode masa berlaku. (umi)

Ruben Onsu

5 Mantan Pacar Ruben Onsu Sebelum Menikah dengan Sarwendah

Sebelum menikah dengan Sarwendah, Ruben Onsu telah mempunyai sejarah percintaan yang cukup beragam dan penuh liku. Siapa saja wanita yang pernah menjadi kekasih Ruben?

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024