Eks Pengacara Rosa Terancam Langgar Kode Etik

Adnan Buyung Nasution
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Usai menemui Nazaruddin di Rumah Tahanan Cipinang, Rabu malam 8 Februari 2012, mantan pengacara Mindo Rosalina Manulang yang kini mengklaim sebagai pengacara Nazaruddin, Djufrie Taufik, terancam melanggar kode etik profesi advokat.

"Pengacara (Djufrie) itu kan dari lawan Nazar, itu tidak boleh melanggar etika profesi. Mesti ada sanksi dari instansi profesi terhadap advokat yang melanggar," kata Pengacara senior Adnan Buyung Nasution, di Jakarta, Sabtu 11 Februari 2012.

Menurut Adnan, kedatangan Djufrie yang merupakan mantan pengacara Rosa mengunjungi Nazaruddin di luar jam besuk, memberikan dampak negatif. Bahkan, terkesan ada persengkongkolan.

"Itu kan sama saja loncat dari pembela si B kemudian pindah ke lawannya. Kalau satu paket lain soal, ini bentuk pengacara yang tak mematuhi etika," ujar Adnan

Adnan menambahkan bahwa pada praktiknya belum pernah ada di seluruh dunia seorang pengacara menangani perkara yang bertetangga.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

"Ini mesti ada sanksi dari dewan kehormatan advokat dan badan pengawas profesi advokat. Sekarang Menkumham dan MA undang semua agar bentuk dewan kehormatan menindak siapapun yang melanggar," kata Adnan. (umi)

Pertamina berpartisipasi dalam Hannover Messe 2024

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading berpartisipasi dalam pameran industri terkemuka internasional, Hannover Messe 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024