Sukabumi Endemis Kusta

Penderita kusta mengemis di jalanan Banda Aceh
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVANews - Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tercatat sebagai daerah endemis penyakit kusta. Dinas Kesehatan menemukan 40 kasus kusta baru di daerah ini hingga akhir Januari lalu.

Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Yogi Rusbianto mengatakan, Senin 13 Februari 2012, para penderita kini ditangani tim khusus. " Mereka dalam proses pengobatan. Selain itu kami tengah memeriksa kondisi lingkungan tempat para pasien penyandang kusta,” kata Yogi.

Dia menambahkan, Dinas Kesehatan sudah menetapkan 14 kecamatan menjadi waspada endemis penyebaran penyakit kusta. Kawasan ini merupakan 30 persen dari total 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Dari 14 wilayah di atas, Dinas Kesehatan memfokuskan pemantauan pada tiga wilayah dengan jumlah penderita tertinggi, yakni Cikidang, Simpenan dan Lengkong.

Pada 2011, penderita kusta di kabupaten ini mencapai 40 orang, menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 52 penderita. Namun wilayah penyebarannya justru bertambah bila dilihat data tahun 2010 hanya ada 12 wilayah yang endemis.

Yoga menambahkan kusta merupakan salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh penyebaran mikro bacterium yang mudah menyebar. “Kita terus membantu mengawasi dan memperingatkan warga terutama para tetangga korban untuk selalu membersihkan lingkungan mereka agar tidak tertular,” ungkapnya. (sj)

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024