Angie: Saya Bertemu Rosa 4 Kali

Angelina Sondakh
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Politisi Demokrat Angelina Sondakh mengakui pernah bertemu dengan mantan anak buah Muhammad Nazaruddin, Mindo Rosalina Manulang, empat kali.

Saat bersaksi di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu 15 Februari 2012, Angelina mengatakan pertemuan pertama di ruang kerja Nazaruddin saat dikenalkan oleh Nazar.

"Setelah itu, saya dua kali papasan dengan dia di lobi DPR," kata Angelina di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor.

Setelah itu, Angie mengaku pertemuan keempat terjadi karena Rosa meneleponnya minta bertemu. "Saya persilakan dia datang ke ruangan saya," jelasnya.

Tak lama berbincang dengan Rosa, Angie mengaku harus ke ruangan suaminya, Adjie Massaid. Sehingga, kata dia, dari empat pertemuan itu tidak ada perbincangan yang panjang, apalagi sampai membahas proyek.

Di luar pertemuan-pertemuan ini, menurut Angie, Rosa kerap menelepon untuk minta ketemu. Tapi, karena kesibukannya mengurus bayi, Angie tak langsung mengiyakan permintaan Rosa.

Selain itu, Angie pun membantah dia pernah berkomunikasi dengan BlackBerry Messanger (BBM). "Saya dengan dia (Rosa) tidak akrab," tegasnya.

Kesaksian ini berbeda dengan kesaksian Rosa dalam sidang Nazaruddin beberapa waktu lalu. Rosa mengungkap komunikasi dan bahasa-bahasa yang kerap digunakan saat berbincang dengan Angelina.

Usai Ditangkap Polisi, TikToker Galih Loss Minta Maaf, Janji Tak Buat Konten Serupa

"Ibu Angie [Angelina] minta uang karena sedang ada pembahasan anggaran Kemenpora. Ada Hambalang atau wisma atlet. Dia bilang butuh uang untuk menggolkan anggaran," kata Rosa saat ditanya isi percakapan dengan Angelina di sidang Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Senin 16 Januari lalu.

Menurut Rosa, Angelina telah menerima uang darinya terkait proyek pembangunan wisma atlet SEA Games di Palembang. "Karena dia sudah tidak kontak-kontak saya lagi," ujar Rosa yang juga anak buah Nazaruddin di PT Anak Negeri.

"Waktu itu kantor mengeluarkan Rp10 miliar. Sebanyak Rp5 miliar untuk Angie, Rp5 miliar sisanya saya tidak tahu. Sebab, kalau tidak diberi uang susah turun anggaran," ungkap Rosa kepada Majelis Hakim Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi.

Rosa menambahkan, uang yang diserahkan kepada Angie itu untuk uang muka anggaran proyek. "Saya tanya sama Bu Angie, 'Bu ini untuk apa ya?' Terus Bu Angie bilang, 'biasa untuk pimpinan-pimpinan kita di Banggar [Badan Anggaran DPR]'," ujar dia. "Kalau ketua besar kenyang, kita kan enak."

Permintaan Angie ini, imbuh Rosa, dia teruskan ke Nazaruddin selaku atasan. Jika uang tak mengalir, Rosa yakin anggaran akan mandek dan tidak turun untuk proyek Kemenpora itu. "Tetapi saya lupa kertasnya ada di mana."

Permintaan Angie kepadanya itu dilakukan dengan menggunakan istilah tertentu yang semuanya mengarah pada permintaan uang. "Istilah yang digunakan, apel rupiah, Washington dolar AS, pelumas rupiah. Kata Bu Angie, agar tidak vulgar," katanya. (eh)

VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024