Anggaran Siaga Darurat Gunung Lokon Rp2,4 M

Gunung Lokon di Tomohon menyemburkan lava pijar
Sumber :
  • Antara/ Jemmy

VIVAnews - Pemerintah telah menganggarkan dana siaga darurat erupsi Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, sebesar Rp2,4 miliar.

"Sampai saat ini masyarakat beraktivitas normal. Tidak ada pengungsian, namun masyarakat dihimbau tetap waspada," kata Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, dalam keterangan tertulis, Sabtu malam 15 Februari 2012.

Agung menjelaskan status Gunung Lokon masih Siaga (level III). Pemerintah merekomendasikan tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 2,5 Km dari Kawah Tompalaun.

"Pemerintah masih tetap melakukan pemantauan atau pengecekan di lokasi dengan menurunkan petugas atau Tim Reaksi Cepat BPBD, instansi terkait, TNI, Polri, relawan, termasuk dukungan Tim Reaksi Cepat BNPB yang telah berada di lokasi," ujarnya.

Menurut Agung, jalur evakuasi telah dibersihkan dari abu gunung api di pusat kota, dengan melibatkan unsur Muspida yang turun langsung ke lapangan. "Kami juga membagikan masker sebanyak 41 ribu buah," katanya.

Seperti diketahui, Gunung Lokon meletus pada 10 Februari 2012 pukul 08.20 WITA. Letusan tersebut diikuti letusan kecil hingga pukul 09.00 WITA. Erupsi diikuti suara gemuruh, abu letusan berwarna kelabu tebal, tinggi kolom asap letusan 2.000 dari Kawah Tompalaun, tertiup angin ke arah Tenggara. (eh)

Kuasa Hukum Sebut Harvey Moeis Tidak Akan Ajukan Praperadilan
Bea Cukai gagalkan peredaran rokok ilegal

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Petugas Bea Cukai Kudus kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal. Petugas secara cepat menindaklanjuti informasi yang diterima pada Rabu (24/04).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024