KPK: Brotoseno Pernah Tangani Wisma Atlet

Angelina Sondakh menjadi saksi Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Komisaris Polisi Brotoseno, mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, yang diduga memiliki hubungan khusus dengan Angelina Sondakh, pernah menangani kasus suap Wisma Atlet, Palembang. Tetapi, Brotoseno tidak menangani pemberkasan terdakwa mantan Bendahara Umum Demokrat, M. Nazaruddin.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Brotoseno juga tidak pernah menangani Angelina yang sudah menjadi tersangka dalam kasus ini. "Bila dikaitkan dengan pemeriksaan Angie sebagai saksi, itu nggak ada nama dia [Brotoseno] dalam surat perintah penyidikannya," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di kantor KPK, Jakarta, Kamis, 16 Februari 2012.

Kendati demikian, Johan tak menampik jika Brotoseno memang ikut menangani kasus Wisma Atlet. Brotoseno juga ikut menangkap Mindo Rosalina Manulang, Manager Marketing PT Duta Graha Indah, Mohammad El Idris, dan mantan Sekretaris Kemenpora, Wafid Muharram, pada 21 April 2011 di kantor Kemenpora.

"Kalau yang dimaksud 21 April 2011, saya membenarkan. Memang yang bersangkutan ikut melakukan penangkapan di Kemenpora. Ia juga ikut menjadi penyidik Rosa," ujar Johan.

Tetapi Johan menekankan bahwa Brotoseno sama sekali tidak menangani kasus Nazaruddin. "Karena berkas Rosa dan Nazaruddin itu kan berbeda," terang Johan.

Sebelumnya, kuasa Hukum Nazaruddin, Hotman Paris, mempertanyakan barang bukti percakapan Angelina Sondakh dengan Mindo Rosalina Manulang melalui pesan BlackBerry Messenger (BBM) sebanyak 20 halaman yang tidak ditanyakan penyidik KPK.

Apakah hal itu karena ada kaitannya dengan hubungan spesial Angie dan Brotoseno? Johan Budi membantah.

Menurut Johan, Brotoseno tidak menangani perkara Nazaruddin dimana Angelina Sondakh bersaksi sebagaimana terungkap melalui Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!

KPK sendiri sudah mengembalikan Brotoseno ke kesatuannya. Di Mabes Polri sendiri, Brotoseno sudah dibebastugaskan.

[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024