Rusuh Lapas Kerobokan

Ada Sanksi Bagi Petugas Lapas Lalai

Lapas Kerobokan Denpasar, Bali
Sumber :
  • Dewi Umaryati | VIVAnews

VIVAnews - Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sihabudin mensiyalir ada unsur kelalaian petugas hingga kerusuhan pecah di lapas Kelas IIA Kerobokan, Denpasar, Bali. Dia  mengingatkan sanksi bagi petugas yang terbukti lalai.

"Pasti ada sanksi bagai yang lalai," kata Sihabudin saat mengunjungi Lapas Kerobokan.

Sanksi yang akan diterapkan, sambung Sihabudin, Selasa 22 Februari 2012 adalah tindakan disiplin. Paling keras pemberian sanksi penggeseran jabatan bagi mereka yang terbukti lalai. “Kami punya kode etik pemasyarakatan. Sanksi mulai disiplin sampai penggeseran jabatan,” imbuh Sihabudin.

Sihabudin sudah menemukan akar persoalan yang menyebabkan kerusuhan antar napi sejak Selasa malam hingga Rabu dinihari. “Ini terkait masalah penusukan. Penyelesaiannya tak tuntas. Ada anggapan dari penghuni diperlakukan tak adil, karena tuntutan penyelesaian kasus itu secara adil terhadap pelaku penusukan belum dipenuhi,” kata Sihabudin.

Akibat kerusuhan ini, seluruh bangunan kantor di lapas terbesar di Bali itu ludes terbakar dan rusak parah. Berkas-berkas pun ikut dilalap si jago merah. (umi)

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024