Penyerangan RSPAD

Anggota DPR: Negara Kalah oleh Premanisme

Lokasi bentrokan di RSPAD Gatot Subroto
Sumber :
  • VIVAnews/Luqman Rimadi

VIVAnews – Wakil Ketua Komisi I DPR yang membidangi pertahanan keamanan, Tubagus Hasanuddin, mengemukakan kekecewaannya terhadap tragedi penyerangan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta.

“Penyerangan ini menunjukkan bahwa negara hampir kalah oleh premanisme,” kata Hasanuddin dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Kamis 23 Februari 2012.

Padahal, ujar purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Mayjen itu, hanya 20 jam sebelum penyerangan ke RSPAD, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan dalam rapat konsultasi dengan DPR bahwa tidak ada ruang bagi anarkisme dan premanisme di tanah air.

“Apakah ucapan Presiden itu sekadar pemerah bibir? Lalu ke mana aparat keamanan kita selama ini? Ke mana petugas jaga yang giliran piket di lokasi?” tanya Hasanuddin bertubi-tubi. Untuk itu, tegasnya, pemerintah harus bertindak tegas terhadap insiden ini.

“Tangkap, kejar, dan adili siapapun pelakunya. Pemberantasan premanisme harus dari hulu sampai hilir,” tegas politisi PDIP itu. Lebih lanjut, Hasanuddin berpendapat peristiwa penyerangan ke RSPAD maupun bentrokan antarkelompok yang selama ini terjadi, tak semata berkisar soal premanisme.

Ia menilai aspek sosial seperti pendidikan dan lapangan pekerjaan juga terkait erat dengan bentrokan-bentrokan macam itu. “Tapi apapun situasinya, negara tak boleh kalah oleh premanisme,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan penyerangan ke RSPAD dilakukan oleh kelompok Ambon. Semua pelaku berhasil melarikan diri dan saat ini polisi masih memburu mereka.

Akibat penyerangan ke RSPAD ini, 2 orang tewas dan 4 lainnya luka-luka. Semua korban mengalami luka bacok. Petugas jaga mengatakan gerombolan pelaku membawa pedang panjang dan badik ketika menyerang pelayat di rumah duka RSPAD. (umi)

5 Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta, Ada Tetangga Indonesia
Honda Stylo 160 di IIMS 2024

Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan

Honda Stylo 160 tampil dengan desain yang memadukan aura klasik dan modern.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024