Amarah Picu Rusuh Terparah di Lapas Kerobokan

Kerusuhan di LP Kerobokan
Sumber :
  • REUTERS/ Zul Edoardo

VIVAnews - Tiga malam mencekam di Lapas Kerobokan. Diawali Selasa 21 Februari 2012, narapidana yang berseteru mengamuk dan menyulut api yang menghanguskan seluruh bangunan kantor lapas terbesar di Bali itu. Bagian depan gedung ludes terbakar dan rusak parah. Tiga napi terluka.

Malam ke dua yang gelap gulita, tanpa listrik yang jadingannya hangus oleh api, para  narapidana tak lantas istirahat. Merasa tuntutannya tak digubris, mereka memberi perlawanan pada aparat. Tak  hanya batu, molotov juga dilempar dari balik penjara.

Kamis malam, kondisi mereda, namun tak berarti ratusan aparat gabungan TNI dan Polri lengah, mereka terus berjaga, dan mengepung lapas. Evakuasi narapidana asing dan wanita dilakukan. Dikhawatirkan, mereka dijadikan sandera.

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Arm Wing Handoko mengakui, meski tak ada korban jiwa, tak pernah ada kejadian separah ini di Kerobokan.

"Ya, kasus ini ini memang kerusuhan yang terbesar yang  pernah terjadi di Kerobokan," kata dia kepada VIVAnews.com, Kamis malam.

Bentrok terutama terjadi antara narapidana versus oknum aparat. "Terutama sipir," tambah dia.

Wing menjelaskan, rusuh akibat akumulasi kekesalan narapidana terhadap oknum keamanan lapas. "Ada ketidakadilan, sikap yang otoriter, juga pungli, itu jadi faktor pemicu," tambah dia.

Untuk mengatasi agar kejadian serupa tak lantas terjadi, perubahan harus dilakukan. "Harus ada pembenahan lapas, tak hanya di Kerobokan, tapi seluruh Indonesia kondisinya sama," tambah dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Keamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kerobokan, Anang tak bersedia berkomentar soal kondisi Lapas. "Konfirmasi saja langsung ke Kalapas," kata dia. Untuk diketahui, hari ini Kementerian Hukum dan HAM mengumumkan akan mengganti kepala keamanan Kerobokan.

Berdiri sejak 1979

Dibangun pada tahun 1979, Lapas Kerobokan yang dirancang untuk 300 napi, dijejali 1.030 orang warga binaan. Penuh sesak.

Lapas Kelas II A ini naik pamor karena menjadi lokasi penahanan narapidana kelas berat. Ada dalam daftar tahanannya adalah: "ratu mariyuana" Schapelle Corby, trio Bom Bali -- Amrozi, Imam Samudra, komplotan Bali Nine, Christopher Parnell yang dipidana karena menyelundupkan hashish pada 1985.

Sejatinya, bukan kali ini saja kerusuhan terjadi di dalam Lapas. Sabtu dini hari, 25 Juni 2011 lalu, aparat BNN mencari seorang napi Lapas Kerobokan, Riyadi, yang diduga terkait jaringan narkoba menyusul ditangkapnya satu orang di Jakarta. Saat eksekusi, rekan-rekan Riyadi sesama napi tak terima.

Tak ayal, kerusuhan pun pecah. Sekitar 500-an napi dari lima wisma, menyerang tim BNN dan berhasil merusak bangunan di lima wisma, yaitu Wisma Cempaka, Wisma Edelwis, Kamboja, Kebana dan Kendang Harum.

Para napi terus merangsek keluar wisma dan berhasil menghancurkan bangunan lainnya seperti kantin, musholla dan ruang Kalapas. Beberapa file juga dibakar oleh mereka. Dalam insiden itu, Kalapas Kerobokan dan Humas BNN menjadi korban pemukulan.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak
The All-New Citroen C3 Aircross

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Citroen secara resmi meluncurkan mobil SUV terbaru, The All New C3 Aircross pada hari ini untuk pasar Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur modern yang nyaman.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024