Jalani Tes, Jokowi 'Sucikan' Mobil Esemka

Walikota Solo, Joko Widodo, menggelar jemasan untuk mobil Kiat Esemka
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Shodiq

VIVAnews - Sebelum diberangkatkan ke Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Tangerang, Walikota Solo, Joko Widodo menggelar upacara adat penyucian atau jemasan di Solo Techno Park. Dengan upacara ini diharapkan mobil yang sempat menjadi buah bibir di tanah air itu mendapat keselamatan dan terhindar dari halangan selama menjalani proses uji emisi.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

“Saya berharap momentum itu bisa terulang kembali dengan keberhasilan mobil Esemka sebagai modil dengan prinsipan dan brand Indonesia pertama yang dibuat oleh siswa-siswa SMK Solo,” kata Joko Widodo, di Solo, Kamis, 23 Februari 2012.

Jamasan dilakukan dengan adat tradisi Jawa dimana mobil Esemka  dihiasi beraneka ragam rangkaian bunga, seperti bunga pandan, melati dan kantil. Tak hanya itu, di depan mobil itu juga disediakan sesajian berupa ingkung, beras gurih, sambel goreng, krupuk rambak, kedelai hitam, jajanan pasar dan buah-buahan hasil bumi. Bahkan, bejana air yang berisi kembang setaman untuk menjamasi mobil telah disiapkan.

Proses jamasan diawali dengan pembacaan doa keselamatan yang dilakukan oleh tokoh agama dari enam keyakinan. Mereka satu per satu bergiliran untuk memanjatkan doa bagi keselamatan dan kelancaran pelaksanaan uji emisi yang akan dilakukan di BTMP, Tangerang.

Usai prosesi digelar, Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, menceritakan bahwa pemilik mobil pertama di Indonesia berasal dari Solo, yakni Sinuhun Susuhunan Pakubuwono X. Dia merupakan raja Keraton Surakarta,  pada tahun 1894.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Jokowi mengungkapkan bahwa proses pembuatan mobil Esemka merupakan perjuangan dan kerja keras yang sangat berat. “Hak itu tidak didapatkan dari mengemis atau meminta-minta. Tetapi mendapatkannya dengan perjuangan dan kerja keras untuk menghasilkan mobil tersebut,” tegasnya.

Usai memberikan sambutan, Jokowi pun langsung men-jamasi mobil Kiat Esemka dengan mengambil air di bokor atau bejana yang didoakan. Secara berturut-turut proses penjamasan dilakukan oleh Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPRD Solo YF Sukasno, anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo dan Sukiyat.

Cenayang asal Bulgaria, Baba Vanga.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Sebagian dari kita masih ingat dengan ramalan Baba Vanga yang kerap menjadi kenyataan, dan kini ia kembali disorot dalam konteks konflik Iran-Israel yang tengah memanas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024