Jokowi Batal Sopiri Esemka ke Jakarta

Walikota Solo, Joko Widodo, menggelar jemasan untuk mobil Kiat Esemka
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Shodiq

VIVAnews - Walikota Solo Joko Widodo batal berangkat dengan mobil Esemka ke Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) di Tangerang. Beberapa hari terakhir, Solo banjir.

"Saya tidak ikut, harus nunggu Solo karena kemarin sempat banjir," kata Jokowi sapaan akrab Walikota Solo, saat acara pemberangkatan mobil Esemka di Solo Techno Park, Jumat, 24 Februari 2012.

Tidak ikutnya Jokowi menyetir mobil Esemka untuk melakukan uji emisi bukan berarti pembatalan roadshow Esemka ke Jakarta. Mobil karya siswa sekolah menengah kejuruan itu tetap berangkat tapi disopiri Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Roy Suryo secara bergantian.

Jika kondisi Solo telah aman, Jokowi berjanji akan menyusul rombongan ke Jakarta.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Sebelum berangkat, Jokowi sudah menggelar upacara adat penyucian atau jamasan di Solo Techno Park, Kamis kemarin. Dengan upacara ini diharapkan mobil yang sempat menjadi buah bibir di tanah air itu mendapat keselamatan dan terhindar dari halangan selama menjalani proses uji emisi.

Jamasan dilakukan dengan adat tradisi Jawa di mana mobil Esemka  dihiasi beraneka ragam rangkaian bunga, seperti bunga pandan, melati dan kantil. Tak hanya itu, di depan mobil itu juga disediakan sesajian berupa ingkung, beras gurih, sambel goreng, krupuk rambak, kedelai hitam, jajanan pasar dan buah-buahan hasil bumi. Bahkan, bejana air yang berisi kembang setaman untuk menjamasi mobil telah disiapkan.

Proses jamasan diawali dengan pembacaan doa keselamatan yang dilakukan oleh tokoh agama dari enam keyakinan. Mereka satu per satu bergiliran untuk memanjatkan doa bagi keselamatan dan kelancaran pelaksanaan uji emisi yang akan dilakukan di BTMP, Tangerang. (umi)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies juga merespons soal kemungkinan dirinya bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, termasuk jika ditawari kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024