Jubir JAT: Saya Tak Terkait Jamaah Islamiyah

Ketua Harian JAT, Muhammad Achwan (tengah)
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq

VIVAnews - Amerika Serikat (AS) memasukkan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) dalam kategori organisasi teroris asing. Tiga pengurusnya disebut punya hubungan dengan organisasi teror, Al Qaeda: Son Hadi bin Muhadjir, Mochammad Achwan, dan Abdul Rosyid Ridho Ba'asyir -- putra Abu Bakar Ba'asyir.

Menanggapi soal itu, juru bicara Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Son Hadi bin Muhadjir menyebut, berbagai tuduhan yang disampaikan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat terkait masalah terorisme  kepadanya, hanya mencari sensasi saja.

”Itu cari sensasi saja dari mereka. Karena Amerika melihat selama ini, saya sebagai juru bicara JAT. Saya kan selalu mencoba memberikan keberimbangan berita tentang JAT. Supaya masyarakat mendapatkan berita yang clear mengenai  JAT,” kata dia kepada VIVAnews.com, Jumat, 24 Februari 2012.

Departemen Luar Negeri AS menulis, Son Hadi memiliki bahan peledak yang digunakan dalam pengeboman Kedutaan Besar Australia di Jakarta tahun 2004 yang menewaskan sembilan orang dan melukai 182 orang. ”Itu sudah selesai. Dan tidak ada buktinya di pengadilan,” kata Son Hadi. "Saya tidak terkait Jamaah Islamiyah,” ujarnya

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS, seperti dikutip harian The Wall Street Journal menyatakan, bahwa JAT dianggap bertanggungjawab melancarkan sejumlah serangan terkoordinasi atas warga sipil yang tidak bersalah, polisi, dan personel militer di Indonesia. Deplu AS juga menyatakan bahwa JAT mendapatkan senjata dengan merampok bank dan melancarkan sejumlah kegiatan ilegal lain.

Pemerintah AS juga menuding bahwa JAT berupaya membentuk kekhalifahan di Indonesia. Abu Bakar Ba'asyir pun dianggap berperan membentuk Jamaah Islamiyah, kelompok militan berbasis di Asia Tenggara yang terkait dengan jaringan teroris Al Qaeda.

Polri awasi

Terkait itu, Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengaku, baru akan mengambil langkah-langkah setelah mempelajari persoalan tersebut lebih detail.

"Saya kira, itu nanti kita kembangkan ya. Saya baru hari ini dapat informasi itu. Nanti tunggu," kata Timur di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 24 Februari 2012.

Timur menuturkan kepolisian akan terus memantau dan kemudian akan melakukan komunikasi dengan pihak Amerika Serikat. "Kami koordinasikan dengan lembaga yang memberikan informasi itu," terangnya. (hp).

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA
Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus bersama Koalisi Indonesia Maju

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Sekretaris Jenderal Partai Golkar menyebut para ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat I meminta Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi di Munas pada Desember.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024