Cara Warga Aceh Selamat dari Banjir Bandang

banjir bandang pasaman
Sumber :
  • ANTARA/Arif Pribadi

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang di Pidie, Aceh, pada Sabtu 25 Februari 2012. Satu warga, yang sempat dilaporkan hilang, akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, warga Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam telah belajar dari bencana banjir bandang sebelumnya yang terjadi pada 10 Maret 2011.

Masyarakat telah memahami tanda-tanda akan datangnya banjir bandang. "Kondisi air sungai yang keruh dan muka air naik dengan cepat diantisipasi oleh masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Sutopo dalam keterangan tertulis, Senin 27 Februari 2012.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Meskipun 37 rumah hanyut dan hilang, ratusan rumah terendam serta rusak ringan tetapi tidak ada korban jiwa. Orang yang hilang telah ditemukan dalam kondisi luka ringan dan selamat. 6 orang luka-luka dan telah dirawat.

Daerah yang terkena banjir meliputi Desa Kebun Nilam, Blang Maloe, Blang Seuke, Ulee Gunong, Pulo Mesjid I, Pulo Mesjid II, Pulo Kawah, Neubok Badeuk, Alue Calong, Simpek, dan Tanjung Bungong.

Tercatat rumah yang terendam adalah,
- Blang Maloe 350 Kepala Keluarga, 1400 jiwa yang terdiri dari 45 Kepala Keluarga, 149 jiwa mengungsi
- Blang Seuke 215 Kepala Keluarga atua 953 jiwa
- Alue Calong 193 Kepala Keluarga atau 803 jiwa

Kerugian Materiil:
- 9 Unit Balai Pengajian rusak
- 1 unit jembatan gantung rusak berat
- 2 unit jembatan beton rusak berat
- 4,6 Km jalan rusak berat
- 37 unit rumah hanyut/hilang
- 287 unit rumah rusak ringan

Badan Penanggulangan Bencana telah mengerahkan 5 unit alat berat untuk melakukan proses pembersihan dari material kayu dan lumpur. Akses jalan Blang Maloe Tangse putus total mengakibatkan transportasi terhambat.

Bantuan logistik telah diberikan kepada korban. BPBD sekitarnya berdatangan membantu penanganan korban. 60 personil Badan Penanggulangan Bencana Aceh Barat datang membawa peralatan dan bantuan. (ren)

TIm Voli Jakarta Livin Mandiri

Siap Bersaing, Jakarta Livin Mandiri Umumkan Daftar Pemain Tim Putri di Proliga 2024

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024