Kasus Baru Kusta di RI Terbanyak Ketiga Dunia

Penderita kusta mengemis di jalanan Banda Aceh
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih berpikir keras untuk menekan kasus-kasus baru penyakit kusta di Tanah Air. Ini bukan tanpa alasan. Indonesia ternyata ada di peringkat tiga dunia sebagai penyumbang kasus baru penyakit yang bisa membuat cacat penderitanya itu.

Indonesia, ujar Menkes di kantornya, Senin 27 Februari 2011, ada di posisi ketiga setelah India dan Brazil. Sulitnya memberantas tuntas penyakit ini tidak terlepas dari kondisi iklim tropis di Indonesia.

"Jadi beban penyakit kusta di Indonesia masih tinggi. Jumlah kasus yang ditemukan masih relatif banyak dan kecacatan yang diakibatkannya masih sering terjadi," kata Menkes yang menyerukan agar eks penderita kusta tidak diperlakukan secara diskriminatif.

Karena itu, ia meminta seluruh jajaran Kementerian Kesehatan dan lintas sektor terkait bersama organisasi profesi kesehatan, LSM, serta lapisan masyarakat bekerja keras, cerdas, dan berpikir keras untuk mengatasi berbagai hambatan dan tantangan dalam mengendalikan penyakit ini.

Untuk mencegah meluasnya penyakit ini, Menkes meminta kepada masyarakat untuk mengenali penyakit tersebut dan berobat sedini mungkin. Tanda awal penyakit kusta memang tidak seperti penyakit lainnya yang memiliki gejala khas. Penyakit kusta hanya ditandai dengan bercak putih yang seringkali dianggap sepele oleh penderitanya.

"Segala upaya kita kerjakan dan penelitian-penelitian juga sudah dilaksanakan. Utamanya mengenai pentingnya untuk terus melakukan penemuan dan pengobatan dini secara teratur pada penderita kusta sebelum cacat," ungkapnya. Saat ini penderita kusta di Indonesia kurang dari 120 ribu orang.

Terkait penanganan terhadap penderita dan eks penderita kusta, Menkes mengungkapkan, Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dalam beberapa bulan ke depan akan mengadakan program bersama dengan  Kementerian kesehatan untuk mendirikan tempat pemukiman bagi mereka. Di mana lokasinya, Menkes belum mengungkapkan.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024