JK: Ada Juga Rekening Gendut yang Baik

Duta Untuk Komodo Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews -- Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan, tidak semua rekening gendut Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu jelek, sebab banyak juga PNS yang berusaha secara tekun dan jujur.

Jika PNS, kata JK, jujur, tekun dan mempunyai usaha yang sukses, maka wajar memiliki rekening dalam jumlah besar. "Ada rekening gendut yang baik, kalau ada pengusaha, terus rekeningnya besar. Kan bagus itu. Kalau ada yang tidak pantas, ya tidak bagus. Jadi, tidak semua rekening gendut jelek," kata JK usai menghadiri peresmian Gedung PBNU baru di Jalan Taman Amir Hamzah, Jakarta Pusat, Senin 27 Februari 2012.

Menurutnya, seorang PNS bisa memiliki rekening dalam jumlah besar karena lemahnya pemantauan.

Seperti diketahui, setelah digegerkan kasus rekening jumbo milik eks pegawai Ditjen Pajak golongan III A, Gayus Tambunan, kini muncul kasus baru. Juga dari lingkungan pajak.

Seorang mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang kini bekerja di Dinas Pajak DKI, berinisial DW, telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung.

Gara-garanya, transaksi yang dimilikinya tidak sesuai profilnya sebagai pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Rekeningnya mencapai miliaran rupiah.

Dalam kasus ini, Kejaksaan juga telah menyita sejumlah barang bukti berupa dokumen, uang rupiah, dolar, logam mulia emas, dan surat-surat berharga. Kejaksaan juga sudah menyita bukti lainnya seperti barang elektronik komputer, telepon selular, dan flashdisk. Kejaksaan juga sudah memblokir rekening-rekening DW di sejumlah bank.

Sebelumnya, pada 10 Januari 2012 lalu, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) melansir temuan lebih dari 1.800 rekening gendut para pejabat negara termasuk PNS, anggota DPR RI dan oknum penegak hukum sejak tahun 2003-2012.

Dari angka ribuan itu, mereka menemukan setidaknya satu modus baru praktik pencucian uang.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024