Brankas Uang di LP Kerobokan Ikut Terbakar

Kerusuhan di LP Kerobokan
Sumber :
  • ANTARA/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Ini akibat dari kerusuhan tiga hari di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan: bangunan kantor dan isinya ludes terbakar, arsip tinggal abu, jaringan listrik mati. Amuk napi juga membuat Kalapas dan kepala keamanan dicopot.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui persis berapa jumlah kerugian yang diakibatkan. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Bali, Supriyadi mengatakan, untuk bangunan fisik saja, yang kasat mata, kerugian diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar.

Jumlah kerugian di luar bangunan, listrik, komputer dan alat lainnya diperkirakan setara dengan kerugian bangunan.

Masih ada yang lain, api yang membara juga membakar brankas berisi uang. "Yang juga perlu diperhitungkan juga dari kerusakan itu adalah uang yang ada di Koperasi dan brankas, karena ada uang lembur," kata dia kepada VIVAnews.com.

Supriyadi tak menyebut persis berapa uang yang berada dalam brankas. "Perkiraan kami (kerugian) sekitar Rp4-5 miliar. Tapi semua masih proses perhitungan," kata dia.

Polisi masih menyelidiki penyebab ricuh, apakah spontan, atau ada yang menggerakkan. Belum ada tersangka yang ditetapkan dalam ricuh terbesar yang pernah menimpa Lapas Kerobokan.

Polisi juga menyelidiki dugaan adanya pungutan liar seperti disampaikan oleh para napi.

Seperti diketahui, pada Selasa 21 Februari 2012, para napi mengamuk, memprotes ketidakadilan perlakuan. Polisi dan tentara lalu dikerahkan mengepung lapas. Selain perempuan, evakuasi juga memprioritaskan para narapidana asing, khawatir mereka dijadikan sandera oleh napi lokal.

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Namun, tak semua mau dipindahkan. Termasuk terpidana Bali Nine, Myuran Sukumaran dan 'ratu mariyuana', Schapelle Corby. Mereka merasa aman dan nyaman tinggal di Kerobokan.

Dengan momentum berdekatan dengan insiden itu, muncul petikan tulisan tentang Lapas Kerobokan hasil karya seorang jurnalis dan penulis asal Australia, Kathryn Bonella. Judulnya: "Hotel Kerobokan".

Lapas Kerobokan digambarkan sebagai resor murahan, dengan layanan kamar dari bir sampai PSK. Baca selengkapnya di sini.

ilustrasi pelaku penipuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang pria bernama Aji mengalami nasib nahas ketika dirinya hendak membelikan sebuah mobil untuk sang ayahnya.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024