Sidang Perdana Nunun Daradjatun Digelar Jumat

Nunun Nurbaeti diperiksa KPK
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sidang perkara suap cek pelawat dalam pemilihan Miranda Swaray Goeltom sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004 dengan terdakwa Nunun Nurbaetie akan digelar pekan ini juga. "Sidang perdana Ibu Nunun kemungkinan akan dilaksanakan hari Jumat," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di Jakarta, Selasa 28 Februari 2012.

Informasi tersebut diamini oleh Juru Bicara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Sudjatmiko. Menurut Sudjatmiko kasus yang menjerat istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun itu akan dipimpin oleh dia sendiri. Adapun yang menjadi hakim anggota adalah Eka Budi Prijanta, Sofialdi, Anwar dan Ugo. "Jaksanya M. Rum. Sidang jam 09.00 pagi," ujarnya.

Berkas Nunun sendiri telah rampung dan diserahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pekan lalu. Sesuai aturan, berkas yang telah didaftarkan rencananya akan disidangkan tujuh hari setelahnya.

Nunun diduga telah membagi-bagikan 480 cek perjalanan senilai masing-masing Rp50 juta kepada sejumlah anggota DPR periode 1999-2004. Pembagian cek tersebut dinyatakan dalam rangka pemenangan Miranda Goetom sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004.

KPK juga sudah menetapkan Miranda sebagai tersangka. Sampai saat ini, Miranda belum diperiksa. Dia dijerat Pasal 5 Ayat 1 huruf b atau Pasal 13 UU No. 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 dan ayat 2 jo pasal 56. Miranda terancam pidana penjara maksimal selama lima tahun dan denda Rp250 juta.

Miranda sendiri kukuh membantah telah menyuap anggota Komisi Keuangan DPR periode 1999-2004 untuk memenangkan dirinya sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia pada 2004. "Saya tidak pernah menjanjikan memberi uang atau menjanjikan apapun kepada siapapun sebelum atau setelah pemilihan," kata Miranda usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, 26 Oktober 2010 lalu. (kd)

Kala Prabowo Kenang Masa Digembleng Senior di TNI, Begini Kisahnya
Rawon Buntut

5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia, Rawon dan Soto Betawi Peringkat Teratas

Sup dapat dihidangkan sebagai makanan pembuka atau hidangan utama. Terdapat 5 hidangan sup yang dinilai terbaik di dunia, rawon dan, Soto Betawi ada di peringkat teratas.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024