Bekasi Akan Bangun 6 Feeder Busway

Busway Transjakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai bulan Maret 2012 akan membangun enam jalur khusus bus pengumpan (feeder) yang terintegrasi dengan busway. Pembangunan feeder busway yang biayanya ditanggung pemerintah pusat dilakukan untuk untuk menunjang transportasi di wilayah timur ibukota.

"Proyek itu juga dilakukan agar busway cepat masuk Bekasi," ujar Kepala Terminal Induk Kota Bekasi Zeno Bachtiar, Selasa, 28 Februari 2012.

Jalur feeder busway tersebut di antaranya, dibangun di sisi barat terminal Bekasi. "Dua jalur di sekitar Kebun Paya Ampera Jalan Ir. H. Juanda Bekasi Timur, satu di Bulak Kapal, dan dua lagi di depan Bekasi Trade Center, Jalan HM Joyo Martono Bekasi Timur," imbuhnya.

Pemerintah Kota Bekasi, lanjut Zeno, sebenarnya sudah mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun busway hingga Kota Bekasi. Apalagi, jumlah warga komuter atau yang setiap hari bekerja di Jakarta sekitar 700 ribu orang. "Mereka membutuhkan alat transportasi massal yang memadai," katanya.

Tapi sayangnya pengajuan itu tidak bisa terealisasi, karena rencana pembangunan jalur busway di sisi selatan Kali Malang batal dilaksanakan. "Karena terbentur dengan proyek pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Lahan yang digunakan untuk kedua proyek itu berada di lokasi yang sama," terangnya.

Pembangunan feeder busway di Kota Bekasi tahun 2012 ini sudah diagendakan Kementerian Perhubungan Darat dan Dirjen Perhubungan Darat. Jalur yang direncanakan adalah dari terminal Bekasi-Kampung Rambutan.

Armada feeder busway yang akan beroperasi hilir mudik mengangkut penumpang setiap hari ada 15 unit, dengan kapasitas sekitar 50 penumpang per bus.

Terminal Kampung Rambutan dipilih sebagai tempat transit karena aksesnya lebih mudah. Selain itu banyak pilihan angkutan untuk menuju berbagai wilayah di Jakarta. "Dari shelter busway Kampung Rambutan, penumpang tinggal memilih jurusan mana yang akan dituju,” ujarnya.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum
Ilustrasi wanita/bercinta.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 25 April 2024, salah satunya tentang saran dokter Boyke untuk suami yang memiliki istri Hyperseks.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024