BBM Premium Naik Rp2.000 Per Liter?

SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memilih opsi kedua yaitu mematok subsidi harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sebesar Rp2.000 per liter karena dinilai lebih fleksibel.

"Pemerintah pilih opsi kedua karena lebih fleksibel." kata Menteri ESDM Jero Wacik usai Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Selasa 28 Februari 2012.

Sebagaimana diketahui, pemerintah mempertimbangkan dua opsi terkait kenaikan harga BBM bersubsidi. Opsi pertama, menaikkan harga BBM bersubsidi Rp1.500 sehingga Premium naik dari Rp 4.500 menjadi Rp6.000 kembali seperti Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I, dan opsi kedua dengan mematok secara tetap dana subsidi senilai Rp2.000 per liter, sehingga harga Premium--dan juga solar--akan berfluktuasi mengikuti harga minyak dunia. 

Jero mengatakan pemerintah mempunyai dua opsi mengingat harga minyak dunia sudah mengalami kenaikan di mana rata-rata harga minyak mentah (ICP) sekarang sudah menembus US$121 per barel.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

"Kemarin Januari saya tanda tangan harga minyak mentah US$115 per barel di mana asumsi APBN US$90 per barel kelihatan jauh. Nah, sekarang rata-rata harga minyak mentah kita sudah US$121 per barel. Dilihat dari segi harga minyak mentah, APBN kita akan tertekan." ujar Jero.

Apalagi, lanjut Jero, dengan melihat pertumbuhan dunia yang mempengaruhi harga minyak dunia dan suasana geopolitik di Iran. "Maka asumsi-asumsi yang sudah diadakan di APBN tahun 2012 banyak yang menyimpang dan signifikan." kata Jero.

"Karena itu kita harus segera mengambil langkah tentang APBN tapi kita juga harus jaga masyarakat menengah ke bawah, karena mereka rentan," tambah Jero.

Maka dari itu Jero mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi isu rencana kenaikan harga BBM. "Tenang saja, kami dengan DPR akan cari formula yang baik, kalau APBN mengalami kenaikan nantinya akan ada kompensasi kepada masyarakat yang tergolong miskin supaya tidak terlalu berat." kata Jero.

Jero mengatakan, sesuai petunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kalau kantong pemerintah kempes jangan rakyat saja yang disuruh berkorban, tapi pemerintah juga harus berkorban. "Maka dari itu, APBN kami juga akan dikurangi, proyek dan gedung bisa ditunda untuk mengamankan APBN," ujar dia. (umi)

Ilustrasi bermain game online.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Dalam era digital yang semakin maju, game online telah menjadi salah satu bentuk hiburan yang paling populer. Namun, kecanduan game online bisa berdampak negatif.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024