Eksekusi Tanah Bentrok, 2 Orang Dibekuk

Kerusuhan Ambon
Sumber :
  • ANTARA/Izaac Mulyawan

VIVAnews - Eksekusi tanah seluas empat hektar di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Rabu 29 Februari 2012, berakhir bentrok. Ratusan massa yang menolak eksekusi tanah bekas kebun binatang itu bentrok dengan ratusan anggota polisi yang akan mengawal proses eksekusi.

Tanda-tanda bentrokan sudah terjadi sejak pagi. Sekitar 100 orang dari keluarga termohon, Husen Dahong, telah menduduki obyek tanah yang saat ini sudah berdiri belasan ruko tua. Massa yang memblokade jalan menolak imbauan polisi yang meminta mereka meninggalkan lahan yang akan dieksekusi.

Beberapa saat setelah tim juru sita Pengadilan Negeri Makassar yang dipimpin Ruslan membacakan surat eksekusi, polisi bersama juru sita menuju obyek sengketa. Karena massa tetap bertahan dan menghalangi proses eksekusi, polisi terpaksa membubarkan massa dengan menggunakan mobil water canon atau meriam air.

Ratusan massa bukannya bubar malah memberikan perlawanan dengan melempar batu ke arah polisi. Massa juga melempar kayu bahkan busur panah. Sebagian massa juga terlihat membawa senjata tajam. Menghadapi massa, polisi berkali-kali mengeluarkan tembakan gas air mata.

Bentrok warga dengan polisi berlangsung sekitar satu jam. Akhirnya polisi berhasil menembus barikade dan perlawanan warga.

Dalam peristiwa itu, polisi berhasil menangkap sejumlah massa yang melakukan perlawanan. Dua orang warga yang menolak eksekusi juga ditangkap karena kedapatan membawa senjata tajam.

"Mereka langsung dibawa ke Polrestabes Makassar untuk menjalani pemeriksaan," kata Kapolres Panakkukang, Komisaris Polisi Agung Wahyuddin di lokasi kejadian.

Sengketa tanah terjadi antara pihak pemohon Abdul Latif Makka dengan pihak termohon, Husen Dahong. Sengketa sudah berlangsung sejak tahun 1982.

Pihak Husen Dahong mengaku memiliki sertifikat di atas tanah yang luasnya empat hektar. Namun sertifikat itu dikalahkan pihak Abdul Latif Makka di Mahkamah Agung pada tahun 2007 lalu. (umi)

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024