Hotman: LPSK Sudah "Masuk Angin"

Sidang Lanjutan Muhammad Nazaruddin di Tipikor
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Hotman Paris Hutapea, kuasa hukum Muhammad Nazaruddin menyesalkan konfrontasi antara Mindo Rosalina Manulang dan Angelina Sondakh pada sidang lanjutan  kasus suap wisma atlet SEA Games di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), batal dilaksanakan.

Dia menilai, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) selaku pihak yang bertanggung jawab atas keselamatan Rosa sengaja menghalang-halangi karena sudah dipengaruhi oleh pihak-pihak yang merasa terancam dengan konfrontasi tersebut.

"LPSK masuk angin. Sudah dipengaruhi oleh kekuatan bos besar dan ketua besar," katanya, Rabu 29 Februari 2012.

Menurut Hotman, LPSK telah melanggar hukum karena membuat pernyataan dan memberitahukan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK bahwa Rosa sakit. Sehingga tidak bisa mengikuti persidangan tanpa dilampiri surat keterangan dokter.

"Padahal yang berhak membuat keputusan sakit atau tidaknya itu adalah dokter," ujar Hotman.

Karena itu, dia mengaku sangat kecewa dengan tindakan LPSK. Sebagai sebuah lembaga yang ikut membantu penegakan hukum, kata Hotman, seharusnya LPSK mendorong seorang saksi untuk memberikan kesaksian di pengadilan.

LPSK sendiri telah membantah menghalang-halangi Rosa untuk bersaksi pada sidang lanjutan kasus suap wisma atlet dengan terdakwa M Nazaruddin hari ini. LPSK menyatakan bahwa Rosa dalam keadaan sakit.

"Bohong itu. Gak benar. Justru kita mendorong seseorang (Rosalina) untuk bersaksi," kata Komisioner LPSK Lili Pintauli Siregar.

Menurut Lili, Rosa sudah mengaku sakit sejak Minggu kemarin. Untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum sidang pagi hari ini, dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter. Dokter menyatakan Rosa masih dalm keadaan sakit. "Sakit pinggang dan demamnya kambuh," ucap Lili.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Kakak kandung Rosa, Pasca Manulang juga membenarkan kondisi adik kandungnya sakit. Ia menuturkan bahwa sebelumnya Rosa sudah menyatakan siap untuk menghadiri sidang hari ini.

"Rosa sebenarnya sudah siap, kemarin saya sudah persiapkan semuanya, menyiapkan baju-bajunya yang mau dipakai sidang. Dia siap untuk dikonfrontasi dengan Angie," ujar Pasca. (eh)

Pepaya

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Buah pepaya yang dibuang oleh pedagang ini diduga dalam kondisi masih layak untuk dikonsumsi dan ada juga yang sudah busuk, sehingga menumpuk diakses jalan depan los buah

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024