Jaksa Dibacok di Ruang Sidang

MA: Tak Ada Dana Khusus Pengamanan Sidang

Ketua Mahkamah Agung, Harifin A. Tumpa
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Mahkamah Agung, Harifin Andi Tumpa, mengaku saat ini memang belum ada anggaran khusus untuk keamanan sidang di pengadilan. Sehingga, aparat keamanan yang diterjunkan sering tidak seimbang dengan pengunjung.

"Selama ini memang karena dianggap pengamanan itu merupakan tugas pembantuan dari kepolisian, maka Mahkamah Agung belum merencanakan itu," kata Harifin saat peluncuran buku biografinya "Harifin A Tumpa, Pemukul Palu dari Delta Sungai Walanae" di Gedung MA, Jakarta, Rabu 29 Februari 2012.

Menurutnya, keamanan di pengadilan termasuk keamanan yang paling lemah di antara lembaga eksekutif dan legislatif. Jumlah aparat kepolisian di pengadilan tidak seimbang dengan jumlah pengunjung. Sistem deteksi keamanan di pengadilan juga belum maksimal.

"Kekuatan polisi itu tidak seimbang dengan pengunjung yang kadang-kadang menjadi brutal. Mestinya sebelum mereka masuk, mereka harus steril dari senjata tajam," kata dia.

Harifin juga berharap pengadilan di Indonesia ke depan memiliki polisi pengadilan yang bertugas untuk mengamankan jalannya persidangan.

"Di beberapa negara maju, di pengadilan itu mempunyai polisi pengadilan yang betul-betul mampu mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi di lingkungan pengadilan," ujarnya.

Seperti diketahui, pagi tadi, terdakwa suap Jaksa Sistoyo dibacok orang tak dikenal usai menjalani sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Bandung. Penyerang yang bernama Dedi Sugarda itu mengaku geram atas aksi nakal para penegak hukum dengan melakukan korupsi, berniat memberikan efek jera (shock terapi).

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

"Motif utamanya cuma efek jera, tapi kita masih telusuri apakah ada motif lainnya," kata Juru Bicara Polrestabes Bandung, Kompol Endang Sri Wahyu Utami. (umi)

Syifa Hadju

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sejak kabar itu viral, banyak warganet yang memberi perhatian kepada Syifa Hadju. Mereka ramai-ramai memenuhi kolom komentar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024