Kenapa Majalah Tarbawi Pilih Dhana Widyatmika

Dhana Widyatmika, adik dan ibunya
Sumber :
  • Majalah Tarbawi

VIVAnews - Lima Tahun lalu, Majalah Tarbawi menulis kisah tentang seorang pria muda yang begitu perhatian dan memberikan perawatan lebih terhadap ibunya yang mengalami gagal ginjal.

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Untuk ukuran seorang pemuda yang baru menikah, bagi Tarbawi, pria itu sangat langka. Pria muda itu bernama Dhana Widyatmika. Nama yang sama dengan tersangka kasus rekening gendut pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Rekening Dhana bagi Kejaksaan Agung disebut tidak sesuai profil.

Tapi, apakah itu Dhana yang sama? Widowati, reporter Tarbawi yang saat itu mewawancarai pria bernama Dhana Widyatmika sangat berat memastikan itu adalah orang yang sama. Tapi menurut Widowati, semua informasi tentang Dhana dari mulai alamat rumah, riwayat pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Universitas Indonesia, sampai kepemilikan showroom mobil,  sama dengan Dhana yang menjadi tersangka di Kejaksaan.

Mengapa Tarbawi memilih sosok Dhana Widyatmika untuk rubrik edisi khusus Ramadhan tahun 2007 silam? Apakah ada yang merekomendasikan? Apakah pesanan seseorang? Atau ada alasan lain? Widowati yang kini menjadi Redaktur di Majalah Tarbawi membantah semua pertanyaan itu.

Bagaimana pertemuan Widowati dengan Dhana? Lima tahun lalu, Widowati memang merancang liputan dan penulisan tentang dialisis atau penyakit gagal ginjal. Tulisan Widowati akan dibuat secara mendalam. Widowati memilih untuk 'berkantor' di Rumah Sakit TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Berhari-hari dia berada di rumah sakit itu untuk melihat segala proses tentang cuci darah.

Semua orang yang hilir-mudik untuk cuci darah menjadi perhatian Widowati. Salah satunya adalah seorang pria muda yang setiap hari terlihat mengantar ibunya yang menderita gagal ginjal. Pria muda itu menarik perhatian Widowati. Akhirnya, dia menarget pria muda itu untuk menjadi bahan utama tulisan di rubrik "Kajian Utama." Sisi humanis dari pria muda itu akan ditulis mendalam.

"Setiap hari saya melihat seorang pria muda memapah ibunya yang akan cuci darah. Orang ini pantas. Lalu saya berkenalan. Namanya Dhana Widyatmika," kata Widowati dalam perbincangan dengan VIVAnews. Widowati tidak bisa langsung wawancara panjang dengan Dhana Widyatmika saat berkenalan di rumah sakit. Karena kesibukannya sebagai pegawai pajak, Dhana membuat jadwal pertemuan dengan Widowati. Sepakat. Pertemuan berlangsung di rumah sakit. Wawancara berlangsung seharian.

"Saya melihat sendiri bagaimana dia merawat ibunya dengan penuh kasih sayang. Tidak banyak orang muda yang sebaik itu. Beliau mengantar ibunya cuci darah saat jam kerja."

Dalam satu sesi wawancara, Dhana mengaku  sebetulnya sangat berat meninggalkan sang ibu. Maka itu Dhana dan istri memilih tinggal satu rumah dengan ibunya. "Mereka itu orang berada. Jadi tidak mungkin Mas Dhana tak mampu beli rumah," kata Widowati.

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

Satu cerita, Dhana akan bertugas ke luar kota. Dia, kata Widowati, harus benar-benar memastikan ada orang lain, kerabat, atau siapa pun yang dipercaya untuk menjaga ibundanya selama dirinya keluar kota. Barulah dia berangkat dinas ke luar kota.

Hasil wawancara panjang itu sudah dimuat Majalah Tarbawi Edisi 164 Th.8/Ramadhan 1428 H/21 September 2007 M. Edisi khusus bulan puasa. Judul aslinya "Meski Dalam Kondisi Sakit, Berkah dari Ridho Ibu Tidak Berubah."

Dalam tulisan-tulisan yang beredar di twitter dan Facebook, tulisan Majalah Tarbawi itu sudah berubah menjadi "Dhana Widyatmika, Lelaki di Pintu Surga." Beberapa sub judul dalam tulisan asli Widowati juga berbeda dengan yang beredar di dunia maya saat ini.

Meski banyak kecocokan data, dan kemiripan foto Dhana tersangka dengan Dhana yang diwawancarai, Widowati masih berat memastikan itu adalah pria yang sama yang ditemuinya lima tahun lalu.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

"Orang yang saya wawancarai ini orang yang sangat baik. Dia religius. Semua yang saya tulis itu, saya yakini benar. Saat itu 2007, sekarang 2012. Kalaupun ada perubahan, tapi saya yakin, dia masih orang baik," kata Widowati. (umi)

Han So Hee

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Dalam unggahan panjangnya itu, Han So Hee terlihat merespon unggahan permintaan maaf Hyeri beberapa pekan lalu. Dia juga menyoroti tentang ungkapan hati Hyeri

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024