Jaksa Dibacok, Polri Evaluasi Pengamanan

Jaksa Sistoyo Dibacok
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVAnews -- Petugas pengaman sidang di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat kecolongan. Tak diduga, pada Rabu 29 Februari 2012, seorang pria nyelonong masuk ruang persidangan dan membacok Jaksa Sistoyo, yang kala itu duduk sebagai pesakitan dalam kasus suap.

Leluasanya pelaku, Dedi Sugarda (38), membuat pengamanan sidang oleh kepolisian menjadi sorotan. Menanggapi itu, Kepala Kepolisian Timur Pradopo berencana mengevaluasi insiden yang terjadi usai sidang yang mengagendakan pembacaan eksepsi itu.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

"Langkah-langkah selanjutnya adalah penegakan hukumnya. Kami proses sesuai penegakan hukum," kata Timur di Istana Negara, Kamis 1 Maret 2012.

Apakah itu berarti pengamanan akan diperketat? "Sekali lagi ada prosedurnya. Kalau memang perlu dievaluasi, kami lakukan. Tetapi sekali lagi itu adalah hal yang tidak boleh terjadi," kata Timur.

Menurutnya, polisi telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengamanan sidang.

Dedi membacok Sistoyo dengan menggunakan golok sepanjang 25 cm yang dia bawa dari rumah. Sudah dua bulan ia merencanakan aksinya itu. Insiden menyebabkan dahi Jaksa Sistoyo terluka sepanjang 7,5 centimeter.

Pake Obat Kuat Malah Ga Berasa Apa-Apa di atas Ranjang, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

Minta Pindah

Pengacara Sistoyo, Firman Wijaya, meminta sidang dipindahkan ke Jakarta. Namun, KPK menolak permintaan ini dengan alasan sidang sudah setengah jalan, sehingga repot ketika harus memindahkan berkas.

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Untuk antisipasi agar kejadian tak terulang, KPK akan memberi pengamanan ketat pada terdakwa maupun saksi korupsi.

Saat ditanya apa motivasi membacok Jaksa Sistoyo, Dedi menjawab itu sebagai syok terapi terhadap para koruptor.

Sebelumnya, KPK menangkap tangan Jaksa Sistoyo, yang diduga tengah bertransaksi dengan terdakwa dari perkara yang ditanganinya pada November 2011.

KPK menemukan uang Rp99,9 juta dari mobil Nissan X Trail milik jaksa itu. Uang dimasukkan dalam amplop coklat. Selain Sis dan Ed, KPK juga menangkap AB dan seorang sopir. (ren)

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024