Malinda Dee Divonis 8 Tahun Penjara

Malinda Dee Dengarkan Keterangan Saksi
Malinda Dee Dengarkan Keterangan Saksi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara dan denda Rp10 miliar kepada terdakwa kasus pencucian dan penggelapan dana nasabah Citibank Inong Malinda Dee alias Malinda Dee binti Siswo Wiratmo.

Hakim menilai Malinda terbukti secara sah telah melakukan pelanggaran hukum atau tindak pidana seperti yang telah didakwakan.

"Menjatuhkan pidana delapan tahun, denda 10 miliar subsider 3 bulan," kata Hakim Ketua Gusrijal dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 7 Maret 2012.

Hakim menyatakan hal yang memberatkan terdakwa adalah tidak mendukung program pemerintah dalam hal pencegahan tindak pidana pencucian uang. Sementara yang meringankan adalah Malinda belum pernah ditahan dan faktor keluarga. "Terdakwa memiliki anak yang butuh kasih sayang," ucap hakim.

Keputusan hakim tersebut lebih ringan lima tahun dari tuntutan jaksa penuntut umum. Seperti diketahui jaksa menuntut Malinda dengan hukuman 13 tahun penjara, dengan denda Rp10 miliar subsider tujuh bulan penjara.

Malinda dianggap bersalah melanggar Pasal 49 Ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP.

Istri siri bintang iklan Andhika Gumilang itu juga dijerat dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. (umi)