Buruh Blokir Jalan Bandara Polonia

Bandara Polonia, Medan lumpu akibat demo tolak kenaikan BBM
Bandara Polonia, Medan lumpu akibat demo tolak kenaikan BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Harry Ondo Saragih

VIVAnews - Sekitar 2.000 buruh menutup jalan tepat di depan Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara, Selasa siang 1 Mei 2012. Lalu lintas di pusat kota Medan lumpuh. Kemacetan sekitar 5 kilometer terjadi di kedua arah.

Pantauan VIVAnews.com, massa buruh dan mahasiswa memblokir ruas Jalan Imam Bonjol yang berjarak sekitar 300 meter dari gerbang utama Bandara Polonia. Konsentrasi massa tepat berada di seberang pintu utama bandara.

Bandara Polonia sudah mengantisipasi aksi demo ini. Bandara sudah menutup pintu masuk utama. Alhasil, para calon penumpang pesawat hanya bisa berjalan kaki dari gerbang utama sampai ke terminal pemberangkatan dan kedatangan.

Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi, Wisjnu A Sastro, tampak berdialog dengan demonsran. "Jangan membuat kerusuhan. Diharapkan aksi ini berlangsung damai. Kalau rusuh bisa mengganggu aktivitas bandara," kata Wisjnu kepada demonstran.

Pemblokiran itu membuat dua ruas jalan utama di Medan tersebut menjadi lumpuh. Jalan Imam Bonjol dan Jalan Juanda macet total. Kondisi diperparah dengan pengalihan arus kendaraan agar menghindari lokasi ini.

Demonstran yang tumpah ke jalan tidak hanya berasal dari massa buruh. Ada juga beberapa aktivis mahasiswa yang berada di tengah kerumunan. Massa yang berdemo antara lain berasal dari Gabungan Serikat Pekerja Indonesia (GSPI), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992, dan Serikat Mahasiswa Indonesia.

Mobil meriam air dan barakuda sudah bersiaga. Bandara Polonia sempat dikepung dan diduduki demonstran saat demo menolak kenaikan harga BBM pada Maret lalu. Saat itu bentrokan tak dapat dihindari.