SBY: Rp25 Triliun Dana Awal Bentuk BPJS

Presiden SBY pidato di depan para dubes
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri

VIVAnews - Pemerintah menyiapkan Rp25 triliun untuk modal awal Badan Penyelenggara Jaminan SosialĀ  (BJPS) yang mulai diterapkan 1 Januari 2014. Demikian disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka rapat terbatas di Kementerian Kesehatan, Rabu 1 Agustus 2012.

"Kita siapkan sungguh-sungguh. Dalam sidang kabinet saya katakan, investasi awal besar, tapi akan mengubah banyak hal di negeri ini," kata Yudhoyono.

Menurut dia, masyarakat ingin memiliki sense of security, ketenangan dalam hidupnya, kepastian dalam kesehatan terutama masyarakat golongan miskin. BPJS menjawab keinginan itu. "Oleh karena itu negara ini telah melangkah, dan menancapkan tonggak baru, diberlakukan Insya Allah 1 Januari 2014 BPJS dalam sektor kesehatan," kata Yudhoyono.

Menurutnya, BPJS menjangkau rakyat di seluruh pelosok tanah air. Sehingga, mereka mendapat kepastian kalau sakit dapat pelayanan kesehatan yang baik.

Yudhoyono menekankan, pemerintah ingin membangun keadilan di negeri ini termasuk di dunia kesehatan. "Bagi yang mampu atau sangat mampu wajib bisa menggunakan asuransi dengan kemampuannya, tapi bagi yang miskin atau sangat miskin negara secara moral memiliki tanggung jawab membantunya," katanya. (eh)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024